get app
inews
Aa Read Next : Peduli Penyandang Disabilitas, XL Axiata Gelar Pelatihan Digital dan Kesempatan Magang di Medan

Disbudparekraf Sumut Gelar Pelatihan Fotografi dan Tipography bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Senin, 29 Juli 2024 | 17:30 WIB
header img
Disbudparekraf Sumut Gelar Pelatihan Fotografi dan Tipography bagi Pelaku Ekonomi Kreatif. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Provinsi Sumatera Utara berkolaborasi bersama Indonesia Ecotourism Network (Indecon), Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sumut dan Greenity menggelar pelatihan fotografi dan typografi  bertajuk ‘Kreatif dalam Genggaman’ di Lavaz Kopi, Medan, Minggu (28/7/2024).

Sebanyak 41 orang peserta dari berbagai kalangan subsektor ekonomi kreatif seperti pelaku kuliner, kriya, fesyen, UMKM, komunitas fotografi dan desain grafis turut serta dalam acara ini.

Kepala Dinas Disbudparekraf Sumut, Zumri Sulthony dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan dalam menangkap berbagai peluang yang beragam di dunia fotografi yang memiliki potensi besar dalam sektor ekonomi kreatif.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kreatifitas, kualitas dan kemampuan para pelaku industri kreatif, khususnya dari sektor fotografi. Saya juga berharap melalui workshop ini, nantinya menjadi wadah dan tempat dalam peranan peningkatan mutu di bidang fotografi yang dipadukan dengan tipografi,” katanya.

Sementara itu, Pendiri dan Direktur Indonesia Ecotourism Network (Indecon), Ary S. Suhandi, dalam sambutannya melalui zoom mengatakan, kemajuan teknologi informasi memberikan peluang yang besar salah satunya adalah fotografi yang saat ini bukan hanya sebagai hobi atau mengabadikan momen-momen penting, tetapi sekarang dapat berperan penting dalam hal mengedukasi sebagi promosi untuk daerah, produk, termasuk juga bidang pariwisata berkelanjutan.

"Mari kita berjelajah bagaimana fotografi tidak hanya sebagai pencitraan visual namun sebagai kekuatan untuk membangun kesadaran banyak pihak akan pelestarian alam dan juga budaya untuk menuju pariwisata yang berkelanjutan," katanya.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah fotografer profesional Ferdy Siregar dari Imaji Pertiwi serta desain grafis dari Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Provinsi Sumatera Utara, M Fauzan Lubis.

Seperti yang kita ketahui bersama di era digital seperti saat ini, fotografi menjadi bagian yang tidak dapat terlepas dari 17 Subsektor Ekonomi Kreatif. Keberadaan fotografi lebih dari sekadar karya seni, tapi fotografi juga memiliki peran sentral dalam keberlangsungan sektor ekonomi kreatif. Bahkan, sektor fotografi dapat diandalkan sebagai lokomotif untuk kebangkitan industri kreatif di Indonesia.

Widyata Cendikia selaku ketua panitia menambahkan bahwa konsumsi masyarakat akan fotografi dan desain grafis terus meningkat. Sebuah foto berperan penting dalam pertimbangan kebutuhan masyarakat akan suatu produk. Terlebih, menjamurnya berbagai platform media sosial berbasis foto menjadi satu alasan mengapa sektor fotografi memiliki potensi yang menjanjikan.

“Untuk itu, kegiatan Kreatif Dalam Genggaman Vol.1 ini merupakan kesempatan dalam menangkap berbagai peluang yang beragam di dunia fotografi dipadukan dengan tipografi yang memiliki potensi besar dalam sektor ekonomi kreatif. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para pelaku industri kreatif di Sumatera Utara. Dan nantikan juga kegiatan sejenis dalam Vol.2 nya”, pungkas Widyata Cendikia selaku ketua panitia.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut