get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Nias Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Berkekuatan 5.7 SR Terjadi di Laut Barat Pesisir Sumatra Utara

Sabtu, 20 Juli 2024 | 19:33 WIB
header img
Gempa Bumi Berkekuatan 5.7 SR Terjadi di Laut Barat Pesisir Sumatra Utara. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Gempa bumi dengan kekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Laut Barat Pesisir Sumatra Utara. Berdasarkan laporan sementara, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa tersebut terjadi pukul 19.04 WIB. Berdasarkan laporan sementara, gempa tersebut memiliki parameter sebagai berikut: lintang 0.10 LU, bujur 96.38 BT, dan kedalaman 13 km.

Lokasi gempa ini terjadi di perairan lepas Pantai Barat Sumatera Utara (Off West Coast of Northern Sumatra). Gempa ini terjadi sekitar 153 km barat daya Nias Barat-Sumatra Utara, 167 km barat daya Nias Selatan-Sumatra Utara, 184 km barat daya Nias Utara-Sumatra Utara, 464 km barat daya Medan-Sumatra Utara, dan 1353 km barat laut Jakarta-Indonesia.

Meskipun gempa ini memiliki kekuatan yang cukup signifikan, informasi dari BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. BMKG juga mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan informasi resmi dari BMKG dan tidak terpengaruh oleh berita hoaks yang beredar mengenai gempa ini.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut