get app
inews
Aa Read Next : Hilang Selama 37 Hari, Polsek Kotarih Evakuasi Jasad Wanita Ditemukan di Sungai Buaya

Pengelola Tol Medan-Binjai Gelar Sosialiasi Ke Peternak di Deli Serdang

Rabu, 26 Juni 2024 | 14:24 WIB
header img
Pengelola Tol Medan-Binjai Gelar Sosialiasi Ke Peternak di Deli Serdang. (Istimewa)

Deliserdang, iNewsMedan.id – PT. Medan Binjai Tol melakukan sosialisasi aturan dan resiko masuknya ternak di jalan tol Ruas Medan-Binjai. Hal itu dilakukan dalam upaya mencegah masuknya hewan ternak ke area jalan tol.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan bersama HKA selaku operator jalan tol ruas Medan-Binjai yang diberikan langsung kepada para pemilik dan pengembala hewan ternak di Dusun VII Kapas III Desa Klambir V, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, pada Senin malam (24/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pengelola Tol Medan-Binjai memaparkan regulasi, resiko dan metode untuk mengantisipasi masuknya hewan ternak ke area jalan tol.

Sosialisasi ini penting dilaksanakan agar peternak dapat menjaga hewan ternaknya tetap di dalam kandang.

Selain itu, pengelola tol akan memaksimalkan upaya pemasangan kembali pagar kawat pembatas area jalan tol dengan area perkebunan di sepanjang jalan tol ruas Medan-Binjai.

Hal tersebut dikatakan oleh General Manager Teknik Operasi dan Maintenance PT. Medan Binjai Toll, Peri Joni.

“Sosialiasi ini penting dilakukan mengingat kejadian ini tidak hanya merugikan pengguna jalan ataupun pengelola tol, tapi juga merugikan pemilik hewan itu sendiri, dikarenakan sesuai Pasal 1368 KUH Perdata disebutkan bahwa pemilik hewan harus bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh hewan tersebut apabila mengakibatkan kerugian atau kecelakaan, baik hewan tersebut berada dalam pengawasannya maupun hewan tersesat atau terlepas dari pengawasannya,” jelasnya

Selaku pengelola, PT. Medan Binjai Toll mengimbau agar pengguna tol untuk berkendara pada kecepatan rendah, tidak panik dan tidak membunyikan klakson jika mendapati hewan masuk ke jalan tol.

Selain itu, pengendara juga diminta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Salah seorang pemilik hewan ternak bernama Anto menuturkan bahwa pihaknya mendukung langkah pengelola tol dalam melakukan pencegahan resiko dan memastikan hewan ternak tetap aman.

“Kami mendukung dan senang dengan adanya sosialisasi ini karena kami bisa duduk sama-sama (diskusi), menyampaikan kendala kami dan lainnya, apalagi sosialisasi ini sudah 3 kali dilakukan dan akan rutin setiap bulannya,” ujar Anto.

PT. Medan Binjai Tol terus mengimbau para pengguna jalan untuk selalu mematuhi aturan berlalulintas, memastikan kondisi kendaraan dan fisik baik sebelum melakukan perjalanan, memastikan saldo E-Tol cukup saat melintas di jalan tol Medan-Binjai agar mengantisipasi antrean kendaraan di gerbang keluar tol serta perbaharui informasi lalulintas Tol Medan-Binjai melalui aplikasi Astoll by HKA.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut