get app
inews
Aa Read Next : 273 Personel Polda Sumut Naik Pangkat, Ini Pesan Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi

Kapolda Sumut Atensi Pengobatan dan Kesembuhan Bayi Penderita Kelainan Kandung Kemih Asal Nias

Selasa, 25 Juni 2024 | 13:41 WIB
header img
Kapolda Sumut Atensi Pengobatan dan Kesembuhan Bayi Penderita Kelainan Kandung Kemih Asal Nias. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengunjungi balita penderita kelainan kandung kemih asal Kapulauan Nias di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut Tingkat II Medan, Senin (24/6/2024). Kapolda meminta agar bayi tersebut dirawat dengan baik untuk kesembuhannya.

Kedatangan Kapolda bersama Ketua Bhayangkari Daerah Sumut Ny Erni Agung Setya di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut itu langsung disambut kedua orang tua balita Julistriani Harefa (3). Betapa tidak, bayi usia 3 tahun penderita kelainan kandung kemih dengan diagnosis Defect Abdoment dengan Bladder Extrophy ini perawatan untuk kesembuhannya menjadi atensi Kapolda Sumut dan Ketua Bhayangkari Daerah Sumut.

Saat mengunjungi bayi tersebut, Kapolda juga datang bersama Pangdam I Bukit Barisan dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke-78. Irjen Agung dan Ketua Bhayangkari Sumut Ny Erni memperhatikan betul tiap fase perkembangan kesehatan Julistriani Harefa. Ny Erni Agung Setya merayu bayi tersebut agar tidak bosan dengan suasana rumah sakit. 

Kedua orang tua Julistriani Harefa mengungkan rasa terimakasih yang dalam terhadap Polri khususnya Kapolda Sumut Irjen Agung dan Ny Erni Agung Setya yang telah memfasilitasi dan memberikan mereka perawatan khusus.

"Atas nama keluarga besar, kami sangat berterimakasih kepada Polri, khususnya bapak Kapolda Sumut dan Ibu Erni yang telah membawa kami sampai sejauh ini untuk perawatan anak kami. Kiranya bapak Kapolda dan ibu, sehat selalu dalam lindungan Tuhan yangMaha Esa," ucap Harefa, ayah Julistriani.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, keluarga bayi tersebut terjaring lewat undangan Bakti Kesehatan yang diselenggarakan Polda Sumut, atas Inisiatif Ketua Daerah Bhayangakari Sumut, Ny Erni Agung Setya.

"Balita ini sakit dari semenjak lahir 3 bulan lalu, berasal dari Kepulauan Nias diketahui sakit saat mendatangi undangan Bakti Kesehatan yang diselenggarakan Polda Sumut, atas Inisiatif Ibu Ketua Daerah Bhayangakari Sumut dan dibawa ke Medan lalu diberikan perawatan khusus hingga saatnya nanti menjalani operasi," kata Hadi 

Menurut Hadi, sewaktu tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut Tingkat II Medan keluarga bayi itu langsung disambut oleh Ibu Waka Polda beserta Bhayangkara. Julistriani langsung dicek keadaanya secara intensif oleh dokter di Rumkit Bhayangkari dr Erjan Fikri, Sp.BA., Subsp.UA(K), M.Surg. Ibu pasien juga didampingi langsung Tim RSBM.

"Segenap dokter Rumah Sakit Bhayangakara dengan penuh kasih merawatnya," ungkap Hadi.

Kata Hadi, tindakan selanjutnya akan dilakukan pengecekan kromosom pasien oleh Laboratorium Prodia. Langkah yang dilakukan berupa pengambilan sampel darah sudah dijadwalkan hari ini (25/6/2024) pukul 10.00 WIB oleh Tim Laborstorium Prodia beserta Tim Lab RSBM.

"Sampel selanjutnya akan dikirimkan ke Lab Prodia Jakarta. ⁠Pengobatan dan penanganan terhadap kondisi klinis pasien saat ini ditangani oleh dr Sri Maya, SpA," ucapnya.

Hadi menuyurkan, hasil pengecekan kromosom paling cepat keluar 17 Juli 2024 mendatang. Setelah hasil keluar, pasien selanjutnya akan dijadwalkan operasi tahap pertama oleh Tim Dokter Bedah Anak, Dokter Orthopaedi, Dokter Urologi, Dokter Anak, Dokter Bedah Plastik, dan Psikolog. 

"Selama pasien menunggu hasil pemeriksaan, saran Dr. dr. Erjan Fikri, Sp.BA., Subsp.UA(K), M.Surg. agar pasien ditempatkan atau diinapkan di Medan (koordinasi dengan pihak Kabupatem Nias Utara) agar pasien tidak terkena infeksi nosokomial," tandas Kabid Humas.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut