get app
inews
Aa Read Next : Berkah Idul Adha, PT Mirabilis Tunggal Tualang Berkurban Seekor Sapi di Kampung Lama Besitang

Arab Saudi Umumkan 1 Zulhijah dan Idul Adha Jatuh pada 16 Juni

Jum'at, 07 Juni 2024 | 16:31 WIB
header img
Ilustrasi Hilal. (Foto: Istimewa)

RIYADH, iNews.id - Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa Hari Arafah jatuh pada Sabtu, (15/6/2024). Sementara pada Minggu, (16/6/2024) akan menjadi hari pertama Idul Adha. Hal itu diumumkan Mahkamah Agung Arab Saudi pada hari ini, Jumat (7/6/2024). 

Pengumuman tersebut menyusul terlihatnya hilal di wilayah kerajaan itu pada Kamis (6/6/2024) malam.

“Hari Arafah jatuh pada Sabtu, 15 Juni. Sementara Minggu, 16 Juni akan menjadi hari pertama Idul Adha,” bunyi pernyataan Mahkamah Agung Saudi, seperti dikutip Gulf News.

Dengan begitu, Jumat ini menjadi menjadi hari pertama Zulijah yang sekaligus menandai dimulainya musim haji tahun ini. Adapun hari pertama Idul Adha jatuh pada hari ke-10 bulan tersebut. Sementara Hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Zulhijah.

Selain Saudi, penentuan tanggal Hari Raya Idul Adha juga telah diumumkan di Oman. Menurut hasil pemantauan di negara itu, hilal Zulhijah belum tampak di wilayah kesultanan itu. Artinya, Bulan Zulkaidah tahun ini di Oman akan digenapi menjadi 30 hari. Bulan Zulhijah baru dimulai di Oman pada Sabtu (8/6/2024) besok, dan rakyat di negeri itu akan merayakan Idul Adha pada pada Senin, 17 Juni.

Sementara pemantauan hilal Zulhijah 1445 H di Indonesia baru akan dilakukan pada hari ini. Menurut Kementerian Agama, pemantauan dilakukan di 114 titik yang tersebar di sejumlah wilayah nusantara.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut