get app
inews
Aa Read Next : Polisi Ungkap Modus Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi di Medan

Mengenal Sosok Natalia Devita Purnama, Raih Gelar Magister Kimia ITB di Usia 22 Tahun

Kamis, 16 Mei 2024 | 11:22 WIB
header img
Mengenal Sosok Natalia Devita Purnama, Raih Gelar Magister Kimia ITB di Usia 22 Tahun. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsMedan.id - Mahasisiwi Institut Teknologi Bandung (ITB), Natalia Devita Purnama, berhasil meraih gelar Magister Kimia di usia 22 tahun 3 bulan.

Hal itu terungkap dalam Sidang Terbuka Wisuda Kedua ITB Tahun Akademik (TA) 2023/2024 untuk program doktor, magister, dan sarjana di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Sabtu (27/4/2024) lalu.

Mahasiswi dari program studi Magister Kimia, Kelompok Keahlian Kimia Fisik ini mengaku bangga atas semangat dan dedikasinya dalam mengejar pendidikan.

"Selain karena mengikuti zaman sekarang orang-orang dengan gelar S2 sudah umum, saya merasa ingin mendapatkan ilmu yang lebih jauh di Kimia dan masih belum mau melepas ITB jadi saya mendaftar program fast track," kata Natalia Devita Purnama.

Kendati begitu, Natalia Devita Purnama juga mengakui bahwa perjalanannya selama menempuh perkuliahan tidaklah mudah. Ia banyak menghadapi kesulitan dalam memahami materi yang didominasi oleh penurunan rumus-rumus kimia serta teorinya yang jauh lebih kompleks daripada perkiraannya.

Adapun tantangan terbesar yang dihadapi adalah proses merampungkan tesisnya. Pun begitu, adanya bantuan dan solusi dari dosen pembimbing membuatnya berhasil menyelesaikan penelitian dengan baik.

"Saya sering kehilangan motivasi, tapi akhirnya bisa menyelesaikan penelitian," terang Natalia Devita Purnama.

Natalia Devita Purnama juga mengungkapkan selalu fokus pada penelitian serta publikasi Selama menjalani proses studi di ITB.

"S2 lebih banyak fokus ke penelitian dan outputnya publikasi, jadi harus rajin mempelajari jurnal dan mencoba metode penelitian agar menemukan metode yang paling efektif dan hasil yang paling baik," jelas Natalia Devita Purnama.

Atas semua tantangan tersebut, Natalia Devita Purnama berhasil menjadi wisudawan termuda di program magister. Ia juga bakal mengaplikasikan ilmu yang didapat di karier profesionalnya. Khususnya, dalam bidang penelitian.

"Untuk teman-teman yang masih memperjuangkan gelar, tetap berusaha dan jangan menyerah jika hasilnya tidak sesuai harapan," ujar Natalia Devita Purnama.

"Jangan tunggu motivasi datang untuk mengerjakan sesuatu, terus lakukan saja apapun kondisinya, nanti lama-lama selesai juga," tambah Natalia Devita Purnama.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut