get app
inews
Aa Read Next : Jalur Kereta Perlintasan Sebidang Bandara Internasional Kualanamu Ditutup

Posko Angkutan Lebaran 2024 Resmi Ditutup, Operasional dan Layanan Berjalan Lancar

Sabtu, 20 April 2024 | 18:24 WIB
header img
Posko Angkutan Lebaran 2024 Resmi Ditutup, Operasional dan Layanan Berjalan Lancar. (Foto: Istimewa)

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Posko angkutan lebaran 2024 resmi ditutup di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Deliserdang, pada Kamis (18/4/2024). Operasional dan layanan berjalan dengan lancar.

Posko monitoring angkutan lebaran 2024 Bandara Internasional Kualanamu berlangsung selama 16 hari, mulai 3-18 April 2024. Hal ini ditutup dengan Apel Gabungan bersama Komunitas Bandara di Selasar Terminal Kedatangan Penumpang.

Apel penutupan posko angkutan lebaran dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan dari beberapa unsur komunitas Bandara seperti Maskapai, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, BMKG, Airnav dan sebagainya. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman.

Selama masa angkutan lebaran 2024, PT Angkasa Pura Aviasi telah melayani 367.939 penumpang dengan 2.553 penerbangan. Puncak arus mudik terjadi pada 6 April 2024 (H-4) dengan jumlah 29.219 penumpang. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada 15 April 2024 (H+4) dengan jumlah 27.092 penumpang.

Bandara Internasional Kualanamu telah menambah 143 penerbangan ekstra selama masa angkutan lebaran 2024. Adapun penerbangan ekstra tersebut didominasi rute domestik tujuan Jakarta, Batam dan Gunung Sitoli. Sementara rute internasional tujuan Kuala Lumpur, Penang dan Singapura.

Ketepatan waktu penerbangan (on time perfomance/OTP) di Bandara Kualanamu berkisar 75%. Artinya, peran maskapai cukup signifikan dalam menjaga kelancaran pada puncak arus balik.

Dibandingkan dengan masa angkutan lebaran 2023 yang berjumlah 391.317 penumpang, di masa angkutan lebaran 2024 ini pergerakan penumpang mengalami penurunan hingga 5%.

President Director PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Internasional Kualanamu, Achmad Rifai, mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder di Bandara Kualanamu.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah  berperan dengan signifikan serta memiliki tujuan yang sama dalam memberikan pelayanan yang terbaik baik para pengguna jasa Bandara. Serta, bersama dalam menjaga kelancaran puncak arus mudik dan arus balik," jelas Achmad Rifai.

Dalam memenuhi pengalaman yang menyenangkan pelanggan selama masa angkutan lebaran 2024, PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Internasional Kualanamu melaksanakan program costumer happiness engagement yaitu pembagian 15 ribu takjil untuk berbuka puasa selama masa Ramadhan.

Kegiatan ini disediakan kepada penumpang yang sedang menunggu berbuka puasa di area ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan penumpang.

Selain itu, tersedia juga foto booth di area posko angkutan lebaran dan ruang tunggu penumpang untuk memberikan pengalaman baru kepada pengunjung bandara dan penumpang untuk mengabadikan dokumentasi selama di Bandara Kualanamu.

Kemudian, ada hiasan Ramadhan dan Idul Fitri, ⁠pembagian hammpers lebaran ke petugas yang berdinas di 1 Syawal 1445 H, serta pemberian souvenir dan survey kepuasan pelanggan di event Ramadhan dan Idul Fitri.

Serta, ada juga kegiatan mini kompetisi dalam program KNOck on Your Happiness Door yang berhadiah untuk lima pemenang video terbaik, yaitu dengan melakukan postingan video liburan Lebaran ke mana aja mulai dari Bandara Kualanamu.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut