get app
inews
Aa Read Next : Hampir 1 Juta Kendaraan Lintasi Tol Medan-Binjai Selama Mudik Lebaran 2024

Kisah Asep Muhammad Mudik Gowes Sepeda Ratusan Kilometer

Minggu, 14 April 2024 | 09:00 WIB
header img
Kisah Asep Muhammad Mudik Gowes Sepeda Ratusan Kilometer. (Foto: Muhamad Fadli Ramadan)

TASIKMALAYA, iNewsMedan.id - Pemudik asal Cimahi bernama Asep Muhammad rela gowes sepeda ratusan kilometer menuju Ciamis, Jawa Barat, pada Mudik Lebaran 2024.

Berdasarkan peta digital, jarak Ciamis-Cimahi sekitar 130 kilometer. Asep mengaku menghabiskan 12 jam mengayuh sepeda untuk sampai ke kampung halaman.

"Hobi, terus menghindari kemacetan, kemudian hemat biaya sih. Iya emang udah bisa jadi senang bersepeda jarak jauh. Kalau kemarin berangkat mudik itu 12 jam dan kemarin juga nyobain rata-rata 12 jam perjalanan," kata Asep saat ditemui di Pos Terpadu Lingkar Gentong, Tasikmalaya, Sabtu (13/4/2024).

Ada perjuangan dan persiapan sangat matang yang dilakukan Asep sebelum mudik. Sebagai penghobi sepeda, Asep melakoni mudik pakai caranya sendiri.

"Iya emang udah biasa, jadi senang bersepeda jarak jauh udah tiga tahun sama tahun ini berarti dari tahun 2022," tuturnya.

Dia memastikan kondisi fisiknya prima sejak jauh hari sebelum mudik. Bahkan, dirinya membawa ban dalam cadangan untuk berjaga-jaga apabila terkendala saat bersepeda.

"Kalau perbekalan sih biasanya makanan, kemudian untuk khusus sepeda biasanya spare part soalnya kan kalau sepeda jarang ada bengkel. Jadi sebisa mungkin bawa spare part cadangan, kalau misalnya ada trouble atau semacamnya," ucapnya.

Asep juga tidak menargetkan waktu untuk sampai ke kampung halaman. Ketika merasa lelah, dia langsung beristirahat agar kondisi fisiknya tetap bugar.

"Kalau istirahat sih enam kali lebih terhitung. Tapi kalau saya sistemnya enggak maksain dan kalau misalkan udah capek ya istirahat, minum, kalau enggak ngemil terus lanjut lagi gitu. Tapi kalau misalkan sudah posisi drop istirahat aja," ucapnya.

"Kalau kendala sih paling stamina, kemudian sama keadaan sepeda harus tahu gitu. Kalau misalkan kondisi kekurangannya di mana harus tahu, misalkan trouble apa, intinya sudah tahulah kondisi sepeda," tuturnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut