get app
inews
Aa Read Next : Bus Kopassus Pukul Mundur Bus Pandawa 87 yang Lawan Arus, Masih Beruntung Tidak Disuruh Push up

Gudang Amunisi TNI AD Meledak di Ciangsana Bogor, Begini Kronologinya

Minggu, 31 Maret 2024 | 07:00 WIB
header img
Gudang Amunisi TNI AD Meledak. (Foto: Danan Daya)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Gudang amunisi TNI AD meledak di Kampung Parung Pinang RT 01, RW 11 Dusun 06, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/3/2024).

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan menyampaikan, kronologi ledakan tersebut berawal adanya asap dari gudang nomor 6. Gudang tersebut berisi amunisi yang sudah kedaluwarsa dan pengembalian dari berbagai satuan di seluruh wilayah Kodam Jaya.

“Jadi pada pukul 18.05 tadi, ditemukan indikasi adanya asap di gudang nomor 6. Ternyata terindikasi ledakan," ujar Mayjen TNI Mohamad Hasan dalam konferensi pers di Desa Ciangsana, Sabtu (30/3/2024) malam.

Menurutnya, tidak ada faktor eksternal yang menjadi penyebab ledakan karena di dalam gudang tidak ada kelistrikan. Dia menduga, asap yang memicu ledakan itu akibat gesekan materiel amunisi tersebut. 

“Jadi dari materiel-materiel amunisi sendiri yang bergesek ataupun karena labil dia hanya menimbulkan asap dan hanya menimbulkan ledakan,” katanya.

Dia menyampaikan di lokasi tersebut ada 15 gudang aminusi. Saat ini, kata dia belum bisa masuk langsung ke lokasi karena masih ada ledakan. 

“Tapi pastikan bahwa sistem pengulangan di Kodam Jaya ini sudah sangat aman karena lokasinya berada di bunker dan di atasnya ada tanggul-tanggul yang mengamankan, namun jika ledakannya ke atas bisa menyebar sampai ke beberapa tempat,” ucapnya.

Dia memastikan setelah pengecekan di lokasi belum ada laporan korban jiwa akibat kejadian tersebut. “Dan sampai dengan saat ini kami sudah mengecek seluruh lokasi, di arah pemukiman tidak ada korban jiwa. Kami tegaskan tidak ada korban jiwa,” katanya. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut