get app
inews
Aa Read Next : Piala Asia U-23: Kalahkan Arab Saudi Tanpa Balas, Uzbekistan Jumpa Timnas Indonesia di Semifinal

Timnas Indonesia Vs Vietnam: Tiket ke Piala Dunia Bagi Garuda Makin Dekat!

Rabu, 27 Maret 2024 | 04:04 WIB
header img
Timnas Indonesia menang atas Vietnam pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB (Foto: PSSI)

HANOI, iNews.id - Tiket piala dunia semakin dengan Timnas Indonesia. Lantaran Tim besutan Shin Tae-yong tersebut menang telak atas Vietnam dengan Skor 3-0 pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB. 

Kemenangan tersebut membuat Garuda duduk di peringkat kedua Grup F berbekal 7 poin, di bawah Irak (15 poin) di singgasana.

Jalannya Pertandingan 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memakai formasi 5-4-1. Dia juga langsung memainkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sejak awal. Dua pemain itu diharapkan bisa jadi pembeda di laga ini.

Kehadiran dua pemain itu membuat Indonesia mengambil inisiatif menyerang di awal pertandingan. Sementara, Vietnam banyak memanfaatkan serangan balik. 

Indonesia akhirnya unggul 1-0 di menit 8. Gol berawal dari tendangan penjuru oleh Thom Haye. Umpan manja itu dimanfaatkan dengan mudah oleh Jay Idzes untuk mencetak debutnya di Timnas Indonesia.

Tertinggal satu gol membuat Vietnam langsung menyerang. Vietnam dapat peluang emas lewat sundulan, beruntung bola tepat didekapan Ernando. 

Indonesia menambah gol di menit 23. Gol dicetak oleh Ragnar Oratmangoen.

Ragnar menunjukkan kelasnya. Dia melakukan penetrasi melewati tiga pemain Vietnam dan melepaskan tendangan keras kaki kiri. Indonesia unggul 2-0. 

Vietnam juga tak mau tinggal diam. Pada menit 32 Vietnam mengancam lewat tendangan bebas. Beruntung Ernando bisa terbang menepis bola.

Akhir babak kedua Veitnam makin gencar menyerang. Beruntung tak ada gol lagi. Indonesia unggul 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua Shin Tae-yong mengubah komposisi pemain. Asnawi dan Hokky Caraka ditarik keluar digantikan Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri. 

Di sisi lain Vietnam yang berusaha mengejar ketertinggalan bermain lebih agresif. The Golden Star membangun serangan dengan umpan-umpan pendek. 

Tim asuhan Philippe Troussier itu beberapa kali mendapat peluang. Tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat gawang Indonesia masih aman. 

Ada momen menarik di pinggir lapangan. Messi Vietnam yakni Nguyen Quang Hai sempat pemanasan di pinggir lapangan. 

Namun dia tak jadi dimainkan Troussier. Quang Hai kecewa berat hingga berlinang air mata. 

Masuk menit ke-80 banyak pemain Indonesia yang tergeletak di lapangan karena kram. Salah satunya kiper Ernando Ari.  

Vietnam terus-terusan menggempur Indonesia di akhir babak kedua. Tapi pasukan Shin Tae-yong yang justru mencetak gol tambahan via Ramadhan Sananta di menit ke-90+8. 

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut