get app
inews
Aa Read Next : Kurma Basah Baik Dijadikan Takjil, Ternyata Ini Faktanya!

Tradisi Berbuka Puasa di Masjid Ghaudiyah Medan, Ada Nasi Briyani dan Chai

Senin, 18 Maret 2024 | 13:49 WIB
header img
Tradisi Berbuka Puasa di Masjid Ghaudiyah Medan, Ada Nasi Briyani dan Chai. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Tradisi berbagi nasi Briyani di Masjid Ghaudiyah Medan telah menjadi acara rutin yang diadakan setiap hari Minggu selama bulan Ramadhan. Sebanyak 400 porsi nasi Briyani disediakan oleh Yayasan The South India Muslim dan disajikan kepada para jamaah yang ingin berbuka puasa.

Masjid Ghaudiyah yang berada di Jalan KH Zainul Arifin Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah menyajikan bukaan puasa itu telah berlangsung selama 15 tahun dan menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi antar jamaah serta untuk mempererat hubungan dengan saudara India Muslim di Sumatera Utara. 

"Setiap tahunnya di bulan Ramadhan, tepatnya di hari Minggu, Yayasan The Shot India Muslim terkhusus Masjid Ghaudiyah Jalan Zainul Arifin, menyediakan 400 porsi nasi Briyani sebagai menu berbuka puasa," kata Ketua Yayasan The South India Muslim, Muhammad Siddiq, Minggu (17/3/2024).

Selain nasi Briyani, berbagai hidangan khas India seperti kari kambing dan minuman Chai juga disajikan kepada para jamaah.

"Kami sediakan kari kambing, minuman Chai (teh susu yang sudah diracik dengan rempah-rempah), ini khas India," ucap Muhammad Siddiq.

Para donatur baik kelompok maupun perorangan turut membantu mensukseskan acara berbagi ini. Para jamaah yang datang dari berbagai daerah seperti Belawan, Binjai, Serdang Bedagai, bahkan Jakarta turut meramaikan acara berbagi ini.

Masjid Ghaudiyah sendiri merupakan salah satu masjid bersejarah di Medan yang didirikan sejak tahun 1887 oleh Komunitas India Muslim. Masjid ini menjadi tempat bersejarah karena merupakan masjid kedua yang didirikan setelah Masjid Jami' di Jalan Taruma.

Acara berbagi ini juga diikuti oleh para mualaf setiap hari Jumat dan menjadi ajang untuk memperkaya ragam kuliner berbuka puasa yang khas India. Semoga tradisi berbagi ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi tempat ibadah lainnya untuk melakukan hal serupa.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut