get app
inews
Aa Read Next : Polres Simalungun Gerebek Lokasi yang Disinyalir Jadi Sarang Narkoba di Nagori Karang Bangun

Bakti Ramadhan 2024, Jajaran Polres Simalungun Gotong Royong Bersihkan Masjid

Senin, 11 Maret 2024 | 14:20 WIB
header img
Bakti Ramadhan 2024, Jajaran Polres Simalungun Gotong Royong Bersihkan Masjid. (Foto: Istimewa)

SIMALUNGUN, iNewsMedan.id - Polres Simalungun bersama seluruh jajaran gotong royong membersihkan masjid di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (10/3/2024).

"Sejumlah Polsek jajaran turun langsung ke lapangan untuk melaksanakan Bakti Ramadhan 2024. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di berbagai lokasi dan menyasar rumah ibadah," ujar Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, melalui Kasi Humas, AKP Verry J Purba.

Verry J Purba mengungkapkan bahwa kegiatan ini melibatkan kerja sama antara personel Polres Simalungun, kenaziran masjid, dan babinsa.

"Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat membersihkan tempat ibadah, sehingga nantinya dapat meningkatkan kenyamanan beribadah menjelang Ramadhan," jelas Verry J Purba.

Adapun lokasi yang menjadi target kegiatan, di antaranya, Masjid Al Muttaqin, Kelurahan Perdagangan I, Masjid Ilham Sigundaba, Sondi Raya, Masjid Jam'i, Nagori Silou Dunia, Masjid Al-Huriyah, Panei Tongah, dan Masjid JAMIQ, Nagori Saran Padang.

"Kegiatan di masing-masing lokasi ini dipimpin oleh unit yang berbeda dari Polsek setempat, melibatkan Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas sebagai pelaksana," ungkap Verry J Purba.

Selain gotong royong, sambung Verry J Purba, rangkaian kegiatan Bakti Ramadhan ini juga akan ditingkatkan oleh kepolisian dengan patroli malam tarawih dan sholat subuh bersama masyarakat selama bulan Ramadhan.

"Seiring dengan pelaksanaan kegiatan Bakti Ramadhan, pak Kapolres, juga mengambil momen ini untuk menyampaikan imbauan penting kepada masyarakat," sebut Verry J Purba.

"Kapolres mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama khususnya di wilayah hukum Polres Simalungun," sambung Verry J Purba.

Verry J Purba juga menyampaikan pesan Kapolres Simalungun kepad masyarakat dalam menyambut dan menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.

"Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan keberkahan, semoga spirit Ramadhan ini juga dapat meningkatkan rasa toleransi kita antar umat beragama," terang Verry J Purba.

Tak hanya itu, sebut Verry J Purba, Kapolres Simalungun juga mengingatkan pentingnya menjaga suasana kondusif di tengah masyarakat.

"Pak Kapolres mengimbau untuk menghindari segala bentuk perbuatan yang dapat mengganggu kerukunan, terutama dalam pelaksanaan ibadah dan aktivitas keagamaan," ucap Verry J Purba.

“Marilah kita ciptakan suasana yang kondusif, saling menghormati dan menghargai kegiatan keagamaan antar umat beragama, demi terciptanya kenyamanan bersama selama bulan Ramadhan,” tambah Verry J Purba.

Dijelaskan Verry J Purba, Polres Simalungun bersama jajaran akan terus berupaya dan berkomitmen untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

"Jajaran kepolisian siap berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat dalam mewujudkan hal tersebut," tutur Verry J Purba.

"Selain tugas-tugas rutin kami dalam menjaga keamanan, kami juga akan melakukan patroli-patroli rutin selama bulan Ramadhan, khususnya pada saat pelaksanaan tarawih dan saat-saat menjelang berbuka puasa. Ini semua kami lakukan untuk memastikan bahwa warga kami dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang dan nyaman,” sambung Verry J Purba.

Lebih lanjut, Verry J Purba, mengatakan bahwa Kapolres Simalungun berharap imbauan ini direspons positif oleh seluruh masyarakat, dan mengajak semua pihak untuk bekerja sama menjaga ketertiban dan kedamaian selama bulan suci Ramadhan di wilayah hukum Polres Simalungun.

"Dengan upaya bersama, diharapkan bulan Ramadhan tahun ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan penuh berkah bagi semua," ujar Verry J Purba.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tradisi tahunan yang semakin meningkatkan sinergi antara Polri dan masyarakat, khususnya dalam menyambut bulan yang penuh berkah, Ramadhan," tutup Verry J Purba.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut