get app
inews
Aa Read Next : Potret Lyora, Anak Meutya Hafid yang Akrab dengan Prabowo Subianto Sejak Usia Dini

UMKM Perempuan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Jum'at, 08 Maret 2024 | 11:51 WIB
header img
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, bekerjasama dengan Ditjen APTIKA Kominfo melaksanakan seminar dengan tema “UMKM Perempuan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Seminar ini dilaksanakan secara offline di Uncle Sam Hotel, Sumatera Utara, pada Selasa, (30/1/2024).

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, mengatakan salah satu alasan seminar ini dilaksanakan adalah untuk memotivasi para perempuan untuk aktif menjadi bagian dari UMKM perempuan. Kemudian, memberikan kesadaran bahwa UMKM perempuan memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian nasional.

“Agar UMKM Perempuan bisa terus berkembang, maka diharapkan para pelaku UMKM Perempuan untuk mulai memanfaatkan media digital sebagai bentuk digitalisasi UMKM dari bisnis yang dimilikinya," ucap Meutya Hafid.

“Saat UMKM Perempuan sudah masuk ke tahap digitalisasi, maka yang harus diperhatikan oleh para pengelola UMKM adalah teknik pendekatan dengan konsumen dengan cara yang menarik," sambung Meutya Hafid.

Pendekatan yang bisa dilakukan, tambah Meutya Hafid, yaitu dengan memanfaatkan berbagai media sosial untuk membuat konten-konten menarik yang dapat mempromosikan produk UMKM yang dijual, sehingga nantinya konten tersebut akan dilihat para calon konsumen.

Praktisi UMKM, Delviana Naveratilova Malau, menyetujui pendapat dari Meutya Hafid perihal UMKM Perempuan yang memberikan banyak kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Melihat peningkatan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir terkait total UMKM Perempuan, maka pemerintah juga mendukung UMKM Perempuan untuk lebih berkembang, termasuk upaya digitalisasi UMKM Perempuan” ucap Delviana.

“Karena dengan adanya UMKM perempuan ini, upaya pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia menjadi sangat terbantu. Selain itu UMKM Perempuan juga memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian nasional," sambung Delviana.

Owner Cincau Hijau dan Dapur Menu Lokal, Fabrizia Jettira, menyetujui pendapat Meutya Hafid bahwa digitalisasi untuk UMKM Perempuan sangat penting, terutama dalam hal pembuatan konten promosi menggunakan media digital.

“Setiap perempuan dapat menjadi seorang pengelola UMKM selama dia memiliki ide, bersedia menanggung resiko, dan mampu beradaptasi dengan zaman, serta mampu mempersiapkan berbagai hal agar tetap produktif pada UMKM yang dijalaninya," ucapnya.

“Agar mampu beradaptasi dengan zaman, maka UMKM Perempuan saat ini perlu untuk mulai bertransformasi ke dunia digital. Salah satunya dengan membuat konten promosi dengan menggunakan media sosial," tambahnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut