get app
inews
Aa Read Next : Dunia Butuh Koalisi Global Aktif untuk Kemerdekaan Palestina

Aksi Bakar Diri Tentara AS di Luar Kedubes Israel, Minta Palestina Dibebaskan dari Penjajahan

Senin, 26 Februari 2024 | 14:15 WIB
header img
Aksi Bakar Diri Tentara AS di Luar Kedubes Israel, Minta Palestina Dibebaskan dari Penjajahan. (Foto: Twitter)

WASHINGTON, iNewsMedan.id - Tentara AS melakukan aksi bakar diri sendiri di luar Kedutaan Besar Israel di Washington DC, Minggu (25/2/2024). Hal itu merupakan bentuk protes atas peperangan yang terjadi di Gaza. 

Reuters pada Senin (26/2/2024) pagi WIB melansir, pria itu diangkut ke rumah sakit setempat setelah api dipadamkan oleh petugas Dinas Rahasia AS. Juru bicara Departemen Kepolisian Metropolitan Washington DC mengatakan, tentara itu masih dalam kondisi kritis. Sementara seorang juru bicara Angkatan Udara AS membenarkan bahwa insiden itu melibatkan seorang anggota mereka. 

“Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida,” kata pria yang mengenakan seragam militer itu dalam sebuah video yang disiarkan langsung melalui internet, menurut New York Times (NYT). Dia kemudian menyiram dirinya dengan cairan bening dan membakar dirinya, sambil meneriakkan “Bebaskan Palestina!”. Polisi setempat dan Dinas Rahasia sedang menyelidiki insiden tersebut. 

Kedutaan Besar Israel terus menjadi sasaran protes terhadap perang di Gaza. Konflik tersebut telah memicu akso protes pro-Palestina dan pro-Israel di Amerika Serikat. Protes dimulai setelah 7 Oktober ketika Hamas, kelompok pejuang Palestina yang menguasai Gaza, membunuh 1.200 warga Israel dan menyandera 253 orang dalam serangan lintas batas. 

Sejak itu, pasukan Israel telah melancarkan operasi militer terhadap daerah kantong pesisir tersebut. Akibatnya, sebagian besar wilayah tersebut kini luluh lantak dan hampir 30.000 warga Gaza berguguran, menurut pejabat kesehatan Palestina. 

Pada Desember, seorang pengunjuk rasa juga membakar dirinya sendiri di luar Konsulat Israel di Atlanta, Georgia, AS.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut