get app
inews
Aa Read Next : 6 Rumah di Medan Hangus Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

Kronologi Kebakaran di Pemukiman Padat Penduduk di Kota Padangsidimpuan

Kamis, 15 Februari 2024 | 21:45 WIB
header img
Kronologi Kebakaran di Pemukiman Padat Penduduk di Kota Padangsidimpuan. (Foto: Istimewa)

PADANGSIDIMPUAN, iNewsMedan.id - Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), pada Rabu (14/2024) malam.

Dari informasi yang diperoleh, kebakaran yang melanda 5 unit rumah itu pertama kali diketahui oleh warga melalui rumah korban bernama Kusnul Hutabarat. Mereka langsung panik dan berhamburan melakukan pemadamaan dengan  alat dengan peralatan seadanya.

Bahkan, sebagian warga lainnya berusaha menyelamatkan harta benda dari dalam rumah.
Banyaknya material yang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar hingga merembet  ke bangunan lainnya.

Alhasil, personel Polres Padangsidimpuan beserta unsur TNI dan petugas pemadam kebakaran yang terjun ke lokasi langsung membantu warga berusaha memadamkan api.

Kemudian, Kabag Ops Polres Padangsidimpuan, AKP Pandapotan Butar butar, memimpin seluruh personel gotong royong menyelamatkan barang-barang pemilik rumah. Lalu, petugas Juga menutup jalan lintas untuk memudahkan proses pemadaman.

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setiawan, melalui Kasi Humas, AKP Krnborn Sinaga, menyebut identitas pemilik rumah. Di antaranya, Kusnul Hutabat, Muhammad Yusuf, Hisbulah, Sudrazat Nur Amin, dan Tamren Harahap

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun total kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Sementara, penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan," ungkap Kenborn Sinaga.

Kenborn Sinaga menambahkan bahwa unit piket yang mendapat Informasi kebakaran itu langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran (Damkar) Pemko Padangsidimpuan. Alhasil, dua unit armada pemadam kebakaran langsung terjun ke lapangan untuk memadamkan api.

“Pihak damkar mengirimkan dua unit armada pemadam kebakaran, dibantu Personil TNI polri  untuk upaya pemadam. Alhasil, Setelah 2 jam berjibaku api berhasil dijinakkan, sejumlah petugas masih berlalu lalang di lokasi kebakaran," tambah Kenborn Sinaga.

"Kita memastikan aman 100 persen terlebih dahulu baru, baru Tim Inafis Satreskrim polres Padangsidimpuan melakukan investigasi," sambung Kenborn Sinaga.

Lebih lanjut, Kenborn Sinaga mengimbau masyarakat selalu memastikan arus listrik dalam keadaan mati sebelum meninggalkan rumah.

"Kami berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Padangsidimpuan bersama kita ingat dan waspada, apabila kita meninggalkan rumah pastikan arus listrik ataupun api di dapur dimatikan, sehingga kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," tutup Kenborn Sinaga.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut