get app
inews
Aa Read Next : Ops Ketupat Toba 2024, Pilot hingga Awak Maskapai Jalani Tes Urine di Bandara KNIA Deliserdang

Lapas Kelas IIB Siborongborong Tes Urine WBP, Krisman Ziliwu: Tidak Ada yang Positif Narkotika

Minggu, 28 Januari 2024 | 19:48 WIB
header img
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Siborongborong Kanwil Kemenkumham Sumut. (Foto: Istimewa)

SIBORONGBORONG, iNewsMedan.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Siborongborong Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan razia gabungan, Sabtu (27/1/2024).

Razia itu melibatkan aparat penegak hukum di Kecamatan Siborongborong. Di antaranya, Polsek Siborongborong dan Koramil 018 Siborongborong.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborong, Krisman Ziliwu, mengatakan pelaksanaan penggeledahan itu dilakukan secara cermat dan teliti.

"Hal-hal atau barang yang kemungkinan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban serta amankan barang-barang yang terlarang agar segera dimusnahkan," jelas Krisman Ziliwu.

Krisman Ziliwu menyebut, tim melakukan penggeledahan dan pemeriksaan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di setiap blok hunian.

Dalam pelaksanaan penggeledahan gabungan kali ini, sambung Krisman Ziliwu, tidak hanya menyasar blok hunian saja.  Namun, beberapa titik rawan juga tidak luput dari penggeledahan dan pemeriksaan petugas.

"Setiap sudut kamar hunian diperiksa dengan teliti," ungkap Krisman Ziliwu.

Dari hasil penggeledahan, kata Krisman Ziliwu, pihaknya tidak menemukan narkotika, hanya beberapa barang yang berpotensi disalahgunakan.

"Di antaranya, seperti pisau cukur, kaca, korek api gas, sendok stainless, besi-besi tajam serta beberapa barang lainnya," sebut Krisman Ziliwu.

Tak hanya itu, Krisman Ziliwu menyebutkan bahwa petugas medis juga melakukan test urine kepada WBP yang dipilih secara acak sebanyak 15 orang. "Dari Hasil test urine ini diketahui tidak ada yang positif menggunakan narkotika," terang Krisman Ziliwu.

Usai pelaksanaan razia dan tes urine kepada WBP, ujar Krisman Ziliwu, seluruh peserta kegiatan berkumpul di lapangan luar lapas untuk melaksanakan pemusnahan barang bukti hasil razia.

Lebih lanjut, Krisman Ziliwu mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah melaksanakan giat penggeledahan gabungan dengan penuh tanggung jawab.

"Diharapkan kedepannya Lapas Siborongborong dapat terus menjalin kerja sama dengan Aparat Penegah Hukum guna menciptakan Lapas Siborongborong bebas Halinar (Handphone, Pungli, Narkoba), aman dan kondusif," pungkas Krisman Ziliwu.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut