get app
inews
Aa Read Next : Caleg Partai Demokrat Dapil 4 Sampaikan Dugaan Pencurian Suara ke Komisioner KPU Medan

KPU Medan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS Riil

Sabtu, 27 Januari 2024 | 17:36 WIB
header img
KPU Medan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS Riil. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Dalam rangka memastikan kesiapan jajaran untuk melaksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melakukan simulasi di halaman kantor Lurah kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (27/1/2024). Kegiatan serupa juga telah dilakukan sebelumnya di Halaman Taman Bunga Tjong Yong Yian Medan.

Ketua KPU Medan, Mutia Atiqah menjelaskan bahwa simulasi ini bertujuan untuk memantapkan kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melaksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS. 

"Kegiatan simulasi ini sangat penting guna memastikan bahwa jajaran di TPS telah siap melakukan tugasnya dengan baik. Jika terdapat kekurangan dan kesalahan, kami akan melakukan evaluasi dan perbaikan," ujar Mutia.

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Muspida dan stakeholder pemilu di Kota Medan. Semua pihak terlibat dengan penuh antusias dalam simulasi ini, menunjukkan komitmen untuk menjalankan pemilihan umum yang transparan, adil, dan demokratis.

Sebagai informasi, pemilihan umum akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Pemilu ini tidak hanya akan memilih presiden dan wakil presiden, tetapi juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi, dan DPRD tingkat kabupaten/kota.

Dalam menghadapi pemilu tersebut, KPU Medan terus berupaya memastikan bahwa seluruh tahapan pemungutan dan penghitungan suara berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Simulasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan KPU Medan untuk menjaga integritas dan profesionalisme penyelenggara pemilu dalam menjalankan tugas-tugasnya.

"Dengan adanya simulasi ini, diharapkan KPPS di TPS-TPS nantinya akan lebih siap dan terbuka untuk melayani pemilih dengan baik. Keberlangsungan demokrasi di Kota Medan dan Indonesia secara keseluruhan sangat bergantung pada komitmen dan kualitas para penyelenggara pemilu yang profesional dan independen," tandas Mutia.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut