get app
inews
Aa Read Next : Maarten Paes Percaya Timnas Indonesia Punya Potensi Besar Tampil di Piala Dunia

Timnas Indonesia Bisa Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 jika Kalah dari Jepang, Begini Syaratnya

Sabtu, 20 Januari 2024 | 15:20 WIB
header img
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam. (Foto: fifaworldcup)

DOHA, iNewsMedan.id - Timnas Indonesia mempunyai peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 jika kalah melawan Jepang. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi oleh anak asuh Shin Tae-yong tersebut.

Skuad Garuda baru saja menang 1-0 atas Vietnam pada matchday kedua Grup D, Jumat (19/1/2024). Beberapa jam sebelumnya Jepang di luar dugaan tumbang 1-2 dari Irak.

Dengan demikian Indonesia kini duduk di peringkat ketiga klasemen sementara Grup D berbekal 3 poin. Jepang duduk di tangga kedua mengemas nilai yang sama dengan Garuda, namun unggul selisih gol.

Irak di puncak klasemen dengan 6 poin dan dipastikan melaju ke babak 16 Besar Piala Asia 2023. Sedangkan Vietnam yang terdampar sebagai juru kunci dipastikan tersingkir.

Pada laga terakhir Grup D, Indonesia bakal berhadapan dengan Jepang, Rabu (24/12/2024) malam WIB. Samurai Blue hanya butuh hasil imbang untuk mengantongi tiket babak 16 Besar.

Perjuangan Indonesia lebih berat. Sebab tim asuhan Shin Tae-yong itu minimal harus menang jika ingin lolos otomatis sebagai runner up Grup D.

Tapi Timnas Indonesia tetap bisa lolos jika kalah dari Jepang. Kok bisa?

Garuda bisa melaju lewat jalur empat tim peringkat ketiga terbaik. Saat ini Timnas Indonesia memimpin klasemen peringkat ketiga terbaik. 

Jordi Amat dan kolega di atas Suriah (Grup B), Tajikistan (Grup A), Palestina (Grup C), Oman (Grup F), dan Bahrain (Grup E). Namun Oman dan Bahrain baru bermain sekali dan berpotensi menggeser Indonesia.

Artinya Timnas Indonesia tetap lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 meski kalah dari Jepang, asalkan tidak terlempar dari empat teratas peringkat ketiga terbaik. Dengan demikian nasib Garuda tergantung dari hasil pertandingan grup lain.

Tentunya Garuda juga tak boleh kalah telak dari Jepang. Sebab selisih gol akan sangat berpengaruh. Sebagai fans Indonesia skenario itu sangat tidak diharapkan. 

Klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023: 

1. Indonesia (D): Main 2, Menang 1, Seri 0, Kalah 1, Poin 3, Selisih Gol -1 (2-3)

2. Suriah (B): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 1, Selisih Gol -1 (0-1)

3. Tajikistan (A): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 1, Selisih Gol -1 (0-1)

4. Palestina (C): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 1, Selisih Gol -3 (2-5)

5. Oman (F): Main 1, Menang 0, Seri 0, Kalah 1, Poin 0, Selisih Gol -1 (1-2)

6. Bahrain (E): Main 1, menang 0, Seri 0, Kalah 1, Poin 0, Selisih Gol -2 (1-3)

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut