get app
inews
Aa Read Next : Prokontra Netizen, Viral Dishub Medan Minta Martabak

Dishub Medan Razia Parkir Liar, Iswar Lubis: Menyadari Pentingnya Menjaga Hak Pejalan Kaki

Jum'at, 05 Januari 2024 | 15:17 WIB
header img
Dishub Kota Medan gelar razia parkir liar. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan kembali menggelar razia parkir liar di Kota Medan. Razia tersebut dilakukan di Jalan Pemuda depan sekolah St. Maria dan di Jalan Sei Batanghari yang diketahui sering menjadi tempat parkir ilegal, Jumat (5/1/2024).

Kadishub Kota Medan, Iswar Lubis mengatakan bahwa sebelumnya, masyarakat sudah diimbau untuk tidak melakukan parkir liar di trotoar. Namun, masih banyak yang tidak mengindahkan imbauan tersebut. Oleh karena itu, razia rutin ini digelar untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa parkir di trotoar adalah pelanggaran yang dilarang.

"Dalam razia di Jalan Pemuda depan sekolah St. Maria, beberapa kendaraan yang terparkir di trotoar berhasil diturunkan oleh petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Medan," katanya. 

Iswar menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga fasilitas trotoar.

"Sudah kita imbau berkali-kali agar masyarakat tidak memarkirkan kendaraan di trotoar. Namun, masih banyak yang tidak mengindahkannya. Oleh karena itu, kami harus melakukan penertiban dengan menderek mobil yang terparkir di atas trotoar," tutur Iswar.

Selain itu, kata Iswar di Jalan Sei Batanghari, tim razia juga melakukan penindakan dengan penggembosan ban mobil total terhadap 11 unit mobil yang melanggar aturan parkir. 

"Para pemilik kendaraan yang melanggar, maka mobil mereka akan diderek oleh petugas sebagai konsekuensi dari tindakan mereka," tegasnya.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan efek jera kepada masyarakat agar tidak lagi memarkirkan kendaraan di trotoar. Trotoar adalah fasilitas yang seharusnya diperuntukkan bagi pejalan kaki, bukan sebagai tempat parkir kendaraan," tambah Iswar.

Iswar juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus melakukan razia parkir liar di berbagai titik di Kota Medan guna menjaga keteraturan dan keamanan lalu lintas. Ia juga mengajak masyarakat Kota Medan untuk bersama-sama menghargai dan menjaga fasilitas umum.

"Kami akan terus melakukan razia semacam ini sebagai bentuk tindakan tegas kepada pelanggar parkir liar. Kami harap masyarakat bisa mendukung dan lebih disiplin dalam berlalu lintas serta tidak memarkirkan kendaraan di trotoar. Mari kita jaga kota kita agar tetap indah dan tertib," pungkasnya.

Razia parkir liar ini mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat Kota Medan, yang berharap agar razia semacam ini dapat dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mentaati aturan lalu lintas serta menjaga fasilitas umum.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut