get app
inews
Aa Read Next : Jelang Idulfitri 1445 H, Pj Gubernur Sumut: Stok Cukup dan Harga Pangan Stabil

Lepas 1.200 Peserta Mudik Gratis Nataru, Hassanudin: Kita Bantu Masyarakat untuk Pulang Kampung

Sabtu, 23 Desember 2023 | 16:41 WIB
header img
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan program mudik gratis Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan program mudik gratis Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Di mana, sebanyak 1.200 peserta terdaftar dalam program mudik gratis tersebut. 

Dalam program itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, melepas bus mudik gratis di Terminal Amplas, Kota Medan, Sabtu (23/12/2023). Acara itu juga dihadiri oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut Agustinus. 

Adapun rute mudik gratis Nataru kali ini, melayani rute perjalanan Kabanjahe-Pangururan, kemudian ke Kabanjahe-Sidikalang-Salak, dan terakhir ke Kisaran-Rantauprapat dengan mengendarai puluhan bus besar dan minibus.

Selain itu, dalam program mudik gratis Nataru ini, Pemprov Sumut memberikan fasilitas kepada peserta berupa snack dan makan siang. Termasuk, di antarkan ke daerah tujuan masing-masing.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin mengatakan program mudik Nataru gratis tersebut merupakan salah satu upaya Pemprov Sumut untuk membantu masyarakat yang melakukan mudik dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru.

"Alhamdulillah pelepasan berjalan dengan baik, dan saya mendapat laporan dari persiapan kendaraan, dari kesiapan pengemudi yang sehat, termasuk kelengkapan surat-surat, kita sudah lihat, termasuk tes urine dari para pengemudi, semuanya baik," katanya.

Atas berjalannya program mudik gratis Nataru ini, Hassanudin bersyukur bisa membantu masyarakat yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya, bersama keluarga tercinta.

"Jadi kita pesankan semoga kegiatan ini, dapat dengan lancar, aman dan segala sesuatu stakeholder terkait sudah mengantisipasi hal-hal kemungkinan ada kendala-kendala dan hambatan, sehingga tidak menghambat perjalanan mereka," ucapnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Sumut Agustinus Panjaitan, mengungkapkan bahwa dalam program mudik Nataru gratis Pemprov Sumut itu, peserta tidak hanya dilepas begitu saja, namun dipastikan tiba di tempat tujuan.

"Kita memantau proses pengangkutan di mudik Nataru gratis ini. Sehingga kita bisa pastikan bahwa para driver tidak akan lalai dalam memberikan pelayanan. Intinya kita ingin agar peserta mudik aman dan nyaman sampai tujuan," ungkapnya.

Agustinus mengatakan pihak melihat antusiasnya masyarakat mengikuti mudik gratis Nataru tahun ini. Sehingga hal itu menjadi atensi untuk peningkatan layanan program serupa di tahun-tahun mendatang.

Salah satu peserta mudik gratis, Dedi mengaku senang disediakan fasilitas angkutan mudik Nataru. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut dan Dishub Sumut.

"Kami mewakili pemudik mengucapkan terima kasih kepada bapak Pj Gubsu dan pimpinan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara," ucap Dedi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut