get app
inews
Aa Read Next : Easycash Kolaborasi dengan AFPI dan OJK untuk Mendukung UMKM Sumatra Utara

Optimalkan Kinerja UMKM: Membongkar Tantangan Analisis Jabatan dan Jalan Keluar Kreatif

Senin, 18 Desember 2023 | 19:33 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

DALAM kehidupan bermasyarakat, organisasi bertindak sebagai panggung dimana para pelaku bersinergi demi meraih tujuan bersama. Setiap figur dalam organisasi harus mengetahui peran dan tugas mereka secara gamblang tentang sebuah kunci keharmonisan menuju pencapaian tujuan organisasi. Manajemen sumber daya manusia menjadi pilar vital dalam mewujudkan ambisi organisasi, dan solusi menghadapi hambatan, terutama terkait dengan kualitas sumber daya manusia dengan melalui analisis jabatan yang cermat dan strategi yang tepat.

Analisis jabatan bukan semata sebuah aktivitas catatan, melainkan sebuah eksplorasi mendalam, sebuah penggalian terhadap kepemimpinan dan fakta-fakta terkait dengan setiap jabatan secara sistematis dan teratur. Melalui analisis jabatan, cahaya terang akan terpancar mengenai tugas dan tanggung jawab yang melingkupi setiap pekerja. Keberhasilan analisis jabatan memberikan pijakan dalam membentuk struktur organisasi yang baru, menyempurnakan eksisting, dan meninjau ulang alokasi tugas, wewenang, dan tanggung jawab di setiap jabatan.

Pentingnya analisis jabatan tak terbatas pada koridor kelembagaan semata. Dalam realitasnya, proses ini membuka jalan bagi organisasi, termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), untuk menyusun puzzle fungsionalitas, peran, dan tanggung jawab dalam suatu jabatan agar terstruktur dengan baik. Analisis jabatan menjadi batu loncatan agar UMKM dapat meraih tujuan mereka dengan optimal, memegang peranan signifikan dalam mengukir jejak sebagai pilar ekonomi kerakyatan.

Lantas bagaimana tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam melakukan analisis jabatan?

Tentu ada beberapa aspek tantangan yang dihadapi dalam melakukan analisis jabatan pada UMKM. Sumber daya yang terbatas menjadi satu dari beberapa isu kritis. Dengan tim yang sering kali terdiri dari sedikit orang, perencanaan tugas harus disusun secara efisien agar tidak memberikan tekanan berlebihan pada sumber daya manusia yang terbatas. Keterlibatan pemilik atau tim manajemen dalam analisis jabatan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dalam UMKM, peran dan tanggung jawab dapat berubah-ubah seiring waktu, dan fleksibilitas dalam struktur peran menjadi kunci untuk mengakomodasi dinamika ini.

Di sisi lain, keahlian dan keterampilan manajemen sumber daya manusia yang terbatas sering kali menjadi kendala. Pemahaman yang minim terhadap prinsip-prinsip analisis jabatan dapat menghambat upaya untuk mengelola tugas dan tanggung jawab karyawan secara efektif. Tingkat ketidakpastian bisnis yang tinggi di UMKM menuntut rencana jabatan yang dapat beradaptasi dengan perubahan bisnis yang cepat.

Rotasi karyawan yang tinggi dalam lingkungan UMKM dapat menyulitkan dalam menjaga konsistensi dalam jabatan. Oleh karena itu, dokumentasi tugas yang jelas menjadi suatu keharusan untuk memfasilitasi integrasi karyawan baru dengan cepat. Sementara itu, dalam menghadapi ketidakpastian pasar dan produk, analisis jabatan harus mampu mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan untuk menanggapi perubahan pasar dan tren konsumen.

Di tengah keterbatasan anggaran, implementasi teknologi untuk mendukung analisis jabatan mungkin menjadi tantangan tersendiri. Namun, pemilihan alat atau platform yang sederhana namun efisien sesuai dengan kebutuhan UMKM dapat menjadi solusi yang tepat. Begitu juga dengan masalah kompensasi dan pengembangan karir, UMKM mungkin harus fokus pada pengakuan non-finansial, peluang pengembangan keterampilan internal, dan promosi berbasis prestasi.

Seiring dengan itu, pengukuran kinerja yang konsisten di UMKM dapat menjadi persoalan kompleks. Kriteria kinerja yang jelas dan terukur menjadi kunci untuk mengevaluasi kinerja karyawan secara efektif. Terakhir, kesadaran pemilik terhadap peran mereka dalam manajemen sumber daya manusia di UMKM dapat memberikan arah yang lebih konsisten dalam analisis jabatan.

Sebagai contoh yaitu sebuah toko pakaian lokal yang menghadirkan tradisi batik dengan sentuhan modern bernama "Batik Harmoni”. Toko ini telah melakukan proses analisis jabatan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memastikan setiap peran memiliki tanggung jawab yang jelas. Dengan melakukan pencatatan, wawancara, dan pemetaan keterkaitan jabatan, Batik Harmoni berhasil menyusun deskripsi jabatan yang lebih jelas dan menyempurnakan kriteria kinerja. Hasilnya, efisiensi operasional meningkat, motivasi karyawan terdongkrak, dan perusahaan dapat lebih lincah menyesuaikan diri dengan perubahan bisnis. Pentingnya analisis jabatan dapat membuka jalan bagi organisasi, termasuk UMKM dalam menyusun puzzle fungsionalitas, peran, dan tanggung jawab dalam suatu jabatan agar terstruktur dengan baik. Analisis jabatan menjadi batu loncatan agar UMKM dapat meraih tujuan dengan optimal, memegang peranan signifikan dalam mengukir jejak sebagai pilar ekonomi kerakyatan. 

Artikel ini dibuat oleh Ramadani dan Berliana Desy Manik. Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Dengan Dosen pengampu Prof. Dr. Elisabet Siahaan SE. M.Ec.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut