get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Cara Menjual Emas Tanpa Surat? Berikut Ulasannya

5 Berlian Termahal di Dunia, Ada Kohinoor hingga Oppenheimer Blue

Minggu, 10 September 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: BBC)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas berlian termahal di dunia. Mengingat, permata mahal ini memiliki harga lantaran keindahan dana kelangkaannya.

Bagi sebagian perempuan, perhiasan berlian merupakan aksesoris penunjang. Tak heran jika beberapa perempuan rela merogoh kocek yang dalam untuk membeli perhiasan tersebut.

Adapun, nilai semua berlian diukur sebagai kombinasi empat C, carat, cut, colour, and clarity (karat, potongan, warna, dan kejernihan). Selain Gemological Institute of America (GIA), berlian dinilai oleh American Gem Society (AGS). Keduanya dikenal sebagai lembaga penilaian dan sertifikasi berlian paling terkenal di dunia.

Meski beberapa berlian paling terkenal di dunia dianggap tak ternilai harganya, tidak ada catatan penjualan permata paling dicari dalam sejarah. Apalagi, beberapa di antaranya bahkan belum dievaluasi dalam beberapa tahun terakhir, sehingga bisa menentukan perkiraan harganya.

Berlian Termahal di Dunia

Berikut deretan berlian termahal di dunia:

1. Kohinoor

Kohinoor atau disebut 'Gunung Cahaya' dianggap sebagai berlian tak ternilai paling terkenal di dunia. Awalnya, berlian ini berbobot 793 karat, namun kemudian dipotong dan dipoles selama berabad-abad hingga menjadi permata 105,6 karat saat ini.

Kohinoor disebut ditambang pada masa pemerintahan dinasti Kakatiya di wilayah Golconda, India. Kemudian, itu menjadi milik Mughal. Ketika Nader Shah dari Persia memecat Delhi setelah mengalahkan kaisar Mughal Muhammad Shah, dia mengambil berlian itu bersama dengan Tahta Merak, yang di dalamnya bertatahkan.

Pada tahun 1813, berlian tersebut menjadi milik penguasa Sikh Maharaja Ranjit Singh sebelum akhirnya jatuh ke tangan Inggris.

Sejak abad ke-19, berlian tersebut tetap menjadi milik keluarga kerajaan Inggris. Berlian tersebut ditempatkan di bagian depan mahkota yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth, ibu Ratu Elizabeth II.

2. Cullinan

Berlian termahal di dunia selanjutnya Cullinan. Ditambang di Afrika Selatan pada tahun 1905, Cullinan awalnya memiliki berat 3.106 karat, berlian kasar terbesar dalam sejarah. Namun, saat ini menjadi koleksi 105 permata dengan potongan dan berat berbeda.

Cullinan, salah satu berlian paling megah di dunia, dinamai Thomas Cullinan, ketua tambang tersebut. Nilai batu itu diperkirakan mencapai 400 juta dolar AS atau setara Rp6,15 triliun di pasar saat ini.

Ada sembilan keping berlian berukuran besar dengan total kurang lebih 1.055 karat, selain potongan kecil lainnya.

3. De Beers Centenary

De Beers Centenary Diamond ditemukan di Tambang Premier di Afrika Selatan pada tahun 1986. Namun, keberadaannya diumumkan dua tahun kemudian pada peringatan 100 tahun De Beers di Kimberley.

Dengan berat 599 karat, berlian ini merupakan salah satu berlian dengan warna tertinggi di dunia. Centenary tersebut kemudian dipotong menjadi permata berbentuk hati seberat 273,85 karat dengan 247 sisi yang selaras sempurna. GIA memberikan sertifikasi warna berlian sebagai D, peringkat tertinggi untuk berlian tak berwarna.

Pada saat diresmikan pada tahun 1991, berlian ini merupakan berlian potongan modern tak berwarna terbesar yang diketahui. Berlian Centenary ini tidak pernah dinilai, namun diasuransikan senilai 100 juta dolar AS atau setara Rp1,5 triliun sebelum dipajang pada tahun 1991.

4. Pink Star

Berbentuk oval, permata tanpa cacat di dalamnya adalah berlian merah muda cerah terbesar di dunia. Meskipun lokasi pastinya tidak diketahui, batu ini ditambang oleh De Beers di Afrika pada tahun 1999.

Batu tersebut memiliki berat 132,5 karat pada saat itu. Selama lebih dari dua tahun, para ahli dari The Steinmetz Group memotong dan memolesnya menjadi berlian 59,60 karat.

Pada bulan April 2017, Pink Star dijual seharga 71,2 juta dolar AS atau setara Rp1,09 triliun di lelang Sotheby di Hong Kong kepada perusahaan perhiasan yang berbasis di kota Chow Tai Fook. Pemilik perhiasan tersebut menamainya CTF Pink Star untuk menghormati ayahnya.

Hingga saat ini, berlian tersebut merupakan berlian termahal yang pernah dijual di lelang.

5. Oppenheimer Blue

Sebelum CTF Pink Star, Oppenheimer Blue merupakan berlian termahal yang pernah dijual di lelang ketika dijual seharga 57,5 juta dolar AS atau setara Rp884 juta di penjualan Christie’s Geneva Magnificent Jewels pada tahun 2016.

Berlian 14,62 karat, yang dinilai sebagai berlian biru cerah yang indah, dinamai menurut pemiliknya, Sir Philip Oppenheimer, yang keluarganya pernah mengendalikan De Beers Mining Company.

Berlian ini sangat langka karena hanya 10 persen dari semua berlian biru yang lebih besar dari satu karat. Berlian berpotongan zamrud ini memiliki tingkat kejernihan VVS1, tingkat di bawah Internally Flawless.

Itu tadi ulasan berlian termahal di dunia. Semoga menjadi pengetahuan baru bagi Anda.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Deretan Berlian Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp6 Triliun

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut