get app
inews
Aa Read Next : Kopi Indonesia Potensi Capai Transaksi Rp39 Miliar di Pameran Taichung Taiwan

Ternyata Kopi Tubruk dan Kopi Hitam Berbeda, Kamu Pilih Mana? 

Minggu, 27 Agustus 2023 | 16:44 WIB
header img
Perbedaan kopi tubruk dan kopi hitam. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Terungkap, ternyata kopi tubruk dan kopi hitam terdapat perbedaan yang signifikan walaupun masih sering dianggap sama oleh kebanyakan orang. Hal itu disebabkan lantaran bentuk dan warnanya mirip.

Bagi para pecinta kopi mungkin sangat mudah untuk membedakan kedua jenis minuman kopi ini. Namun bagi sebagian orang mungkin akan kesulitan membedakannya dalam bentuk penyajiannya yang memiliki kesamaan yakni hitam pekat, sehingga terlihat sama. 

Meski sama-sama kopi yang berwarna gelap, ternyata kedua jenis kopi ini memiliki perbedaan yang harus kamu ketahui. Yuk simak penjelasan berikut yang telah dirangkum oleh iNews.id:

Perbedaan Kopi Tubruk dan Kopi Hitam 

1. Kopi Tubruk 

Sesuai dengan namanya, kopi tubruk merupakan kopi yang disajikan dengan bubuk kopi yang sudah digiling dan diberi air panas. Kopi tubruk pasti menyisakan ampas usai diminum. Proses pembuatan kopi tubruk ini juga cenderung sederhana karena hanya menggunakan 2 bahan yaitu kopi tubruk dan juga air panas. 

Ampas dari kopi akan jatuh sendiri ke bawah setelah didiamkan beberapa saat. Jenis kopi ini juga paling gampang dan sering dibuat sendiri di rumah. 

2. Kopi Hitam 

Bagi kamu pecinta kopi mungkin kamu sudah mencoba beberapa macam jenis kopi hitam seperti Americano, Espresso, dan Long Black. Pembuatan kopi hitam ini tidak jauh berbeda dengan kopi tubruk. 

Cara penyajiannya sama-sama sederhana hanya dengan kopi, bubuk dan gula. Bedanya adalah kopi yang digunakan merupakan kopi instan sehingga tidak memiliki ampas setelah diseduh. Meski mirip dengan kopi tubruk, kopi hitam berbeda karena tidak menyisakan ampas.  

Itulah perbedaan kopi tubruk dan kopi hitam, pastikan kamu tidak salah membeli. 

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut