get app
inews
Aa Read Next : Petugas Lapas Narkotika Samarinda Jadi Atlet Gulat PON XXI Aceh-Sumut 2024 

Antisipasi Omicron, 6 Kru Kapal Dari India Positif COvid 19 Diisolasi di Medan 

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:35 WIB
header img
Ilustrasi Positif Covid-19. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Enam orang kru kapal yang sebelumnya melakukan perjalan dari India terkonfirmasi positif Covid-19. Guna mengantisipasi masuknya varian Covid-19 Omicorn keenam kru kapal itu langsung diisolasi ke Rumah Sakit Royal Prima. 

"Dari hasil pemeriksaan swab keenam orang ini juga terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini sudah dirawat di RS Royal Prima Medan," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudariansyah, Rabu (19/1/2022).

Aris mengatakan bahwa untuk mengantisipasi penyebaran Omicorn di Provinsi Sumut, hasil swab keenamnya, sudah dikirim ke BTKLPP Medan untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium guna dilakukan pemeriksaan terhadap S-gene Target Failure (SGTF) maupun Whole Genome Sequencing (WGS). 

"Hal ini untuk memastikan, apakah varian Covid-19 yang menginfeksi keenamnya merupakan varian omicorn atau tidak. Jadi belum bisa kita pastikan apakah mereka (terkena) omicorn atau tidak," ucapnya. 

Disinggung mengenai kondisi terkini keenam kru kapal, Aris mengaku belum mendapatkan informasi lanjut. Namun karena belum ada laporan, kata Aris bisa saja keenam pasien saat ini dalam kondisi baik.

"Coba cek ke Royal Prima, sepertinya (kondisinya) ringan," ujarnya. 

Aris menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap keenam kru kapal yang merupakan warga negara Indonesia ini dilakukan pada Senin (17/1/2022) pukul 11.00 WIB dengan hasil yang didapatkan pada pukul 17.00 WIB. Sebelumnya kapal mereka bersandar ke Sumut pada Jumat (14/1/2022) setelah sebelumnya melakukan perjalanan dari India. 

"Untuk itu kepada masyarakat kami minta agar tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan," pintanya.
 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut