get app
inews
Aa Read Next : Terekam CCTV, Pelaku Pemerasan di Jalan Terompet Ditangkap Polsek Medan Baru

Mengenal Kura-Kura Matahari, Langka dan Belum Dilindungi

Jum'at, 28 Juli 2023 | 12:00 WIB
header img
Kura-kura matahari. (Foto: Instagram @Indoflashlight)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Video kura-kura dengan bentuk tubuh aneh di tengah hutan hujan viral di media sosial beberapa waktu lalu. Hal ini pun menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Bahkan tak sedikit, warganet yang menghubungkan penemuan kura-kura dengan bentuk tak biasa ini dengan tanda-tanda akhir zaman. Video viral itu pertama kali dibagikan dari akun Instagram @apriandialison.

Bentuk cangkang kura-kura ini memang sangat unik, pada bagian pinggirnya bergerigi atau runcing seperti duri-duri, sedangkan cangkangnya berwarna kecoklatan. Setelah ditelusuri, kura-kura yang mulanya dianggap hewan jadi-jadian ini ternyata adalah kura-kura matahari.

Tentang Kura-Kura Matahari

Mengutip dari akun Instagram @indoflashlight, kura-kura matahari (Heosemys spinose), merupakan spesies asli Indonesia yang terdapat di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan.

Dikenal juga dengan Spiney Turtle, hewan ini hidup di sungai hutan hujan, namun menghabiskan banyak waktu di darat untuk mencari makan, atau bersembunyi di bawah tanaman dan dedaunan kering. Kura-kura matahari juga dapat ditemukan di dataran rendah, sampai ketinggian 900 mdpl. Semakin dewasa usia kura-kura, maka duri-duri tersebut akan semakin menghilang dengan sendirinya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut