get app
inews
Aa Read Next : Wajib Tahu! Ini Cara Mengusir Kecoa yang Ampuh Tanpa Disentuh, Nomor 9 Pakai Air Panas dan Cuka

5 Cara Mematikan Rumput Liar secara Permanen

Jum'at, 21 Juli 2023 | 19:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Age-fully)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas lima cara mematikan rumput liar secara permanen. Sebab, rumput liar yang tumbuh di halaman rumah kerap menggangu.

Rumput liar bisa berbeda-beda jenisnya, mulai dari rumput tinggi dan tebal hingga rumput kecil dan rapat. Biasanya, rumput liar tumbuh dengan cepat dan menyebar secara luas, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lain dan merusak tampilan estetika area.

Meskipun disebut liar, banyak juga jenis rumput liar yang memiliki manfaat bagi lingkungan, seperti sebagai sumber makanan bagi hewan penggembalaan atau sebagai bahan kompos untuk pupuk organik. Namun, jika rumput liar tumbuh di tempat yang tidak diinginkan, maka perlu dilakukan tindakan untuk mematikannya secara permanen.

Ada beberapa hal yang tepat dan apabila dilakukan dengan konsisten dapat mengendalikan pertumbuhan rumput-rumput liar tersebut. Jika Anda tengah mencari cara-cara untuk mematikan rumput liar, berikut adalah ulasannya. Dirangkum pada Kamis (20/7/2023).

Cara Mematikan Rumput Liar secara Permanen

1. Cuka

Cuka bisa menjadi pilihan alami untuk mematikan rumput-rumput liar di pekarangan rumah. Cukup dengan menyemprotkan cuka pada rumput sampai mati. Lakukan hal ini setiap beberapa hari sampai rumput mati. Perlu diingat untuk menyemprot lakukan pada hari yang panas. Selain itu, perlu diketahui jika cuka biasanya hanya membunuh apa yang ada di atas tanah, tidak sampai akar. Karena itu, mungkin perlu mengulangi proses ini sampai rumput mati.

2. Air Panas

Menyiram air mendidih atau panas bisa jadi alternatif lain untuk membunuh rumput liar atau gulma. Lakukan hal ini secara berulang hingga rumput mati. Hal ini mungkin hanya membunuh pada permukaannya saja, dan tidak sampai akar.

3. Metode Sekop

Jika tak keberatan melakukan sedikit kerja keras, mungkin metode ini lebih ampuh dibandingkan dengan beberapa metode menyemprot di atas. Di samping itu, metode semprot dapat membunuh rumput-rumput liar hingga ke akar.

4. Sabun Cuci Piring

Dalam jumlah yang terkonsentrasi, sabun cuci piring bisa menjadi pembunuh rumput yang efektif. Kandungan pada sabun cuci piring juga membantu menbuatnya mengering secara perlahan dan pada akhirnya membunuh rumput. Sabun cuci piring punya kandungan untuk menghilangkan minyak dan lemak, di mana hal ini akan merusak jaringan berbasis minyak yang sehat pada rumput dan gulma. Dibantu dengan terik cahaya matahari, kamu bisa membunuh rumput liar.

5. Pembunuh gulma organik

Jika menginginkan solusi yang cepat dan efektif untuk membunuh rumput liar dan gulma secara alami dan dalam waktu singkat, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan herbisida organik. Herbasida organik sebagian besar berbahan dasar lemon atau jeruk dan juga berfungsi untuk menyuburkan tanah.

Itulah cara mematikan rumput liar secara permanen. Selamat mencoba.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Cara Mematikan Rumput Liar secara Permanen, Pakai Air Panas hingga Cuka

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut