get app
inews
Aa Read Next : Fans Korea Selatan Doakan Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Bagaimana Doa Menyembelih Kurban, Hadis Ini Menjelaskan Rinci

Kamis, 29 Juni 2023 | 10:21 WIB
header img
Bagaimana doa menyembelih kurban? Terdapat hadis dalam Sahih Muslim dari Aisyah. Foto: Dok

MEDAN, iNewsMedan.id - Bagaimana  doa menyembelih kurban? Terdapat hadis dalam Sahih Muslim dari Aisyah yang menyatakan:

أَمَرَ بِكَبْشٍ أَقْرَنَ, يَطَأُ فِي سَوَادٍ, وَيَبْرُكُ فِي سَوَادٍ, وَيَنْظُرُ فِي سَوَادٍ; لِيُضَحِّيَ بِهِ, فَقَالَ: “اِشْحَذِي اَلْمُدْيَةَ” , ثُمَّ أَخَذَهَا, فَأَضْجَعَهُ, ثُمَّ ذَبَحَهُ, وَقَالَ: “بِسْمِ اَللَّهِ, اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ, وَمِنْ أُمّةِ مُحَمَّدٍ” 

"Nabi pernah memerintahkan agar diambilkan gibas (domba jantan) yang bertanduk, kuku, dan perutnya berwarna hitam, serta sekeliling matanya hitam. Kemudian gibas tersebut dibawa ke hadapan beliau Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam untuk dijadikan kurban.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Asahlah dengan batu pengasah.” Kemudian ‘Aisyah mengasahnya dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaringkan hewan tersebut lalu menyembelihnya. Saat menyembelih, beliau mengucapkan, “

Bismillah, Allahumma taqobbal min Muhammad wa aali Muhammad, wa min ummati Muhammad

Artinya: dengan menyebut nama Allah, Ya Allah terimalah kurban ini dari Muhammad, keluarga Muhammad dan umat Muhammad).” (HR. Muslim no. 1967)

Sedangkan beberapa faedah dari hadits di atas:

1. Disunnahkan membaca doa agar diterimanya kurban dengan bacaan “Allahumma taqobbal minni” (Ya Allah, terimalah kurban dariku). Ini diucapkan setelah sebelumnya mengucapkan bismillah sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits yang telah lewat.

Doa ini dibaca jika menyembelih atas nama diri sendiri. Sedangkan jika menjadi wakil orang lain, maka yang diucapkan adalah Allahumma taqobbal min ….” (disebutkan nama shohibul kurban atau pemilik kurban).

Jumhur (mayoritas) ulama menyatakan bisa pula menggunakan bacaan yang disebut dalam ayat, رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Ya Rabb kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah: 127).

Lantas bagaimana bacaan saat meyembelih kurban

 بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ

Bismillah Wallahu Akbar, Allahumma minka wa ilaika, Fataqabbal min … (sebut nama shahibul qurban) Artinya: Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah, qurban ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah qurban …] (Sumber: Kifayah Al-Akhyar)

2. Dalam hadis, kita dapat mengambil pelajaran bahwa seseorang diizinkan untuk berkurban atas nama diri sendiri dan keluarganya dengan satu hewan kurban. Semua orang tersebut akan berbagi pahala yang sama.

Semoga kita dapat mengamalkan doa ini saat menjelang waktu kurban. Semoga doa ini memberikan manfaat. Hanya Allah yang memberikan petunjuk dan kemampuan untuk melaksanakannya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut