Logo Network
Network

Calon Haji Asal Langkat Meninggal di Asrama Haji Embarkasi Medan

Jafar
.
Minggu, 04 Juni 2023 | 19:32 WIB
Calon Haji Asal Langkat Meninggal di Asrama Haji Embarkasi Medan
Calon haji asal Langkat, Sumatera Utara meninggal dunia saat berada di Asrama Haji Medan

MEDAN, iNewsMedan.id- Seorang calon haji Kloter 12  meninggal dunia saat berada di asrama haji Embarkasi Medan, Minggu (4/6/2023). 

Calon haji itu bernama Habibah Binti Saleh (59) warga dusun I Klambir V Hamparan Perak Deli Serdang. Dia  masuk dalam manifest 069 Kloter 12 yang berasal dari Kabupaten Langkat. 

Habibah ditemukan meninggal dunia saat hendak menyantap makan di gedung Bir’Ali UPT Asrama Haji Medan, yang merupakan ruang makan para calon jemaah haji. 

Ketua Kloter 12, Edi Saputra mengatakan Habibah meninggal sebelum makan di ruang kantin Bir Ali sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, almarhumah tersebut diketahui dalam kondisi sehat dalam pemeriksaan dan dinyatakan layak terbang. 

“Penyebab kemungkinan serangan jantung mendadak. Dia sebenarnya di sini biasa saja, tapi ketika makan tiba – tiba jatuh. Pemeriksaan semalam sepertinya biasa – biasa saja,” ujarnya. 

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumut, H Ahmad Qosbi pun juga menjelaskan, almarhum tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Dari informasi petugas almarhum diduga terkena serangan jantung. 

"Ibu ini tidak ada riwayat penyakit apapun. Tapi, kata petugas kita di ruang makan tiba – tiba saja ibu itu tertunduk dan langsung jatuh gitu,” ucap Qosbi usai pemberangkatan Jemaah calon haji kloter 12. 

Dikatakan Qosbi, almarhumah naik haji dengan status sebagai porsi pelimpahan ibunya yang sebelumnya batal berangkat karena meninggal dunia pada 2020. 

Sebelumnya, ibunda almarhumah beralamat di Tanjung Pura Kabupaten Langkat, sehingga pelimpahan haji kepada anaknya harus mengikuti alamat orang tua. 

“Semuanya dapat mulai dari asuransi, living cost juga semua hak almarhum. Sedangkan ongkos haji karena dia sudah masuk ke mari dan sudah dapat visa itu sudah bagian dari ongkosnya,” jelas Qosbi. 

Sebelumnya, sebanyak 259 Jemaah calon haji asal Kabupaten Langkat yang tergabung dalam kloter 12 Embarkasi Medan dijadwalkan berangkat menuju Arab Saudi pada Pukul 19.25 wib dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang.

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News

Bagikan Artikel Ini