get app
inews
Aa Read Next : Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Timnas Israel Tampil di Piala Dunia U-20 Indonesia, Edy Rahmayadi: Ini Olahraga Bukan Politik

Kamis, 16 Maret 2023 | 15:09 WIB
header img
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang juga mantan Ketua Umum PSSI. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Sejumlah negara akan tampil di Piala Dunia U-20 akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang, termasuk Tim Nasional Israel U-20.

Keikutsertaan Tim Nasional Israel di Piala Dunia U-20 menimbulkan kontroversi di tanah air. Banyak pihak menolak kedatangan Tim Nasional Israel dari dalam negeri seperti Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI), Aqsa Working Group (AWG), BDS Indonesia serta MER-C.

Terkait hal tersebut, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang merupakan mantan Ketua Umum PSSI memiliki pandangan tersendiri, atas keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia usia 20 tahun ini.

Kata Edy, kita harus bisa membedakan antara olahraga dengan politik. Karena, secara politik Pemerintah Indonesia sudah tegas mendukung kemerdekaan Palestina.

"Sebenarnya, olahraga, olahraga. Politik, politik," katanya kepada wartawan, Kamis (16/3/2023).

Edy Rahmayadi menegaskan antara olahraga dengan politik tidak bisa disatukan. Ia mengatakan bila hantu memilik tim sepakbola, silakan ikut juga kompetisi bola di dunia ini.

"Ini urusan olahraga, siapa pun bila perlu hantu punya tim, main. Kalau dia (tim hantu) mau olahraga," tegas Edy.

Edy mengatakan bahwa dirinya berbicara atas pendapat pribadi, selaku yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. 

"Saya tidak wewenang untuk itu, itu pendapat (pribadi) saya. Olahraga olahraga, olah rasa, olah rasa," ucap mantan Pangkostrad tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, memastikan pemerintah siap mendukung penuh keikutsertaan Timnas Israel U-20.

Menpora Amali pun menegaskan bahwa Indonesia harus menjadi tuan rumah yang baik di Piala Dunia U-20 2023. Dirinya memastikan Indonesia akan menjamu siapapun, termasuk Timnas Israel U-20 serta para suporternya yang akan hadir.

"Kita harus menjadi tuan rumah yang baik dan kita harus menerima tamu siapa saja yang datang dari berbagai negara baik itu Timnasnya maupun suporternya," ujar Menpora Amali di Senayan, Jakarta, Rabu (8/3/2023).  

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023, yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut