get app
inews
Aa Read Next : Catat, Ini Tips Gunakan Listrik Dengan Aman saat Hadapi Cuaca Ektrem

5 Cara Mengatasi Demam Akibat Cuaca Ekstrem, Nomor 3 Minum Obat

Senin, 13 Maret 2023 | 12:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas cara mengatasi demam akibat cuaca ekstrem. Sebab, cuaca ekstrem membuat kebanyakan orang terkena demam alias meriang

Namun sebaiknya kita tidak panik dulu, karena demamsendiri sebetulnya adalah respons tubuh saat melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Demam juga bisa terjadi akibat terbakar sinar matahari atau paska vaksinasi.

Langkah penanganan yang tepat saat demam, patut diketahui agar kita tidak panik dan bisa demam bisa turun dengan cepat. Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan saat mengalami demam? Mewarta Healthlineberikut paparannya di bawah ini.

1. Istirahat di tempat tidur

Tunda dulu aktivitas sehari-hari, dan tetap lah istirahat di tempat tidur. Jangan memaksakan diri untuk tetap beraktivitas seperti biasa.

2. Tetap terhidrasi

Minum air mineral, teh hangat, atau jus yang sangat encer untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat.

3. Minum obat

Jika sudah tidak tertahankan, bisa terlebih dahulu minum obat demam. Misalnya acetaminophen atau obat yang dijual di apotik (over the counter-OTC). Perhatikan dosis yang tepat, dan jangan digunakan bersamaan dengan obat penurun demam lainnya ya! Khusus untuk anak, tidak boleh diberikan aspirin kepada bayi atau anak tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Bayi di bawah usia 6 bulan juga tidak boleh diberikan ibuprofen.

4. Mandi air hangat

Selain mandi air hangat, bisa juga pakai kompres dingin untuk membuat tubuh jadi terasa lebih nyaman. Mandi air dingin saat demam disebutkan harus dihindari karena bisa berbahaya.

5. Pergi ke dokter

Jika memang sudah cemas karena demam yang dialami, boleh langsung periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut dari ahli profesional.

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul Demam Akibat Cuaca Ekstrem, Atasi dengan 5 Cara Ini!

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut