get app
inews
Aa Read Next : Sambut Nataru, BI Sumut Siapkan Pecahan Uang Baru Rp4,45 Triliun

Keuangan Digital Digalakkan, BI Sumut Upayakan Capai Target Pengguna QRIS

Rabu, 01 Maret 2023 | 20:46 WIB
header img
Keuangan Digital Digalakkan, BI Sumut Upayakan Capai Target Pengguna QRIS. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Guna mendukung capaian target pengguna dan volume transaksi Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) pada 2023 ini, Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) telah melaksanakan beberapa sosialisasi keuangan digital dan perlindungan konsumen. 

"Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat Sumut dan juga mencapai target pengguna dan volume transaksi QRIS pada tahun ini," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi di Medan, Rabu (1/3/2023).

Dia menuturkan, kegiatan itu dilaksanakan terhadap mahasiswa, pelajar, komunitas wanita pengusaha atau IWAPI, serta kolaborasi bersama stakeholders. 

"Kegiatannya berupa edukasi QRIS di SMP Yaspendhar Medan, Student Ekskursi bersama mahasiswa Universitas Medan Area dan SMA Bangun Insan Mandiri pada 17 dan 23 Februari 2023," ujar Doddy.

Doddy menyebutkan, ada edukasi literasi finansial untuk generasi muda cerdas mengelola keuangan dan Cinta Bangga Paham Rupiah di UMSU pada 8 Februari 2023. 

Kegiatan tersebut juga meliputi sosialisasi sistem pembayaran digital dan pameran produk unggulan UMKM Binaan pada HUT IWAPI Medan pada 17 Februari 2023, dan sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah serta sosialisasi sistem pembayaran digital QRIS. 

"Hal itu dilakukan bersama Komunitas Sembelih Halal Medan dan Lembaga Bina Ekonomi Indonesia pada 25 Februari 2023 lalu,” ujarnya.

Menurut Doddy, Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) perlu menyusun roadmap atau rencana aksi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di daerah masing-masing. 

"Hal itu kami lakukan untuk mendukung perluasan implementasi ETPD sejalan dengan arahan Permendagri No. 56 Tahun 2021 tentang TP2DD provinsi dan kabupaten/kota serta tata cara implementasi ETPD," tuturnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, BI Sumut telah melakukan audiensi dan rapat koordinasi bersama TP2DD Kabupaten Serdangbedagai, Karo dan Pakpak Bharat terkait dengan penyusunan Roadmap TP2DD. 

Sejalan dengan itu, BI Sumut juga akan menggelar Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2023 di Plaza Medan Fair pada 16-19 Maret 2023 mendatang.

"Acara ini sekaligus dapat mendukung Program 45 Juta Pengguna QRIS,” pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut