get app
inews
Aa Read Next : Viral, Anggota Basarnas yang Jatuh dari Tower Ternyata Didorong Pelaku Percobaan Bunuh Diri

Basarnas Kerahkan Personel Siaga SAR Khusus Pengamanan lokasi F1 Powerboat

Minggu, 26 Februari 2023 | 14:32 WIB
header img
Basarnas Kerahkan Personel Siaga SAR Khusus Pengamanan lokasi F1 Powerboat. (Foto: Istimewa)

BALIGE, iNewsMedan.id - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) diturunkan untuk membantu Basarnas Medan siaga SAR dalam melakukan pengamanan area F1 Powerboat di Dermaga Muara Napitupulu Balige, Minggu 26/2/2023).

Direktur kesiapsiagaan Basarnas, Agus Haryono bersama Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas Marsekal Pertama TNI Danang Setyabudi turun langsung ke venue untuk memantau secara langsung kesiapan seluruh personel Basarnas.

Agus mengatakan bahwa Basarnas secara langsung ditunjuk menjadi ketua Pengamanan di bidang SAR agar mengerahkan kekuatan penuh untuk melakukan pengamanan di sekitar lokasi.

"Sebanyak 80 orang personil, 1 unit Kapal, 2 Unit RIB (Regead Inflatable Boat), 2 Unit LCR (Landing Craft Rubber), dan 2 unit Jetsky dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan guna mendukung pengamanan tidak hanya untuk pembalap namun juga memastikan keselamatan dan keamanan penonton," jelasnya.

Ia juga menambahkan, Basarnas Medan telah melaksanakan segala persiapan dan telah berada di Balige sejak tanggal (15/02/2023) lalu. Di mana, Basarnas bertanggungjawab untuk menentukan posisi semua Alut air yang digunakan untuk pengamanan selama acara F1H2O berlangsung.

"Selain Alut air yang dimiliki Basarnas, juga terdapat beberapa Alut air dari TNI AD, TNI AL, Polairud, Brimob Polda Sumut, Ditsamapta Polda Sumut, dan BPBD Provsu serta personil dari satuan masing-masing yang dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan, selain itu Basarnas juga menyiapkan 1 unit Heli jenis Douphin HR 3604 yang standby di lapangan Kantor Bupati Toba yang digunakan untuk evakuasi medis udara," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut