get app
inews
Aa Read Next : Kanker Kolon dan Rectum, Yuk Simak Cara Deteksi Dini dan Pencegahannya

Konsumsi 4 Jenis Buah Ini Dipercaya Bisa Cegah Kanker

Selasa, 21 Februari 2023 | 14:45 WIB
header img
Ilustrasi buah-buahan yang bisa mencegah sakit kanker. (Foto: Couleur/Pixabay)

iNewsMedan.id- Buah merupakan salah satu jenis makanan yang paling bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ini karena buah mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Seperti diketahui, kanker adalah salah satu penyakit mematikan, dan membutuhkan pengobatan yang sangat panjang. Oleh karena itu, ada baiknya mencegah penyakit tersebut dengan mengonsumsi buah-buahan.

Nah, apa saja buah-buahan yang mampu mencegah sakit kanker? Berikut daftarnya, sebagaimana dilansir laman Indian Express.

1. Apel

Apel mengandung berbagai macam fitokimia, termasuk quercetin, catechin, phloridzine, dan asam klorogenat yang merupakan antioksidan utama. Apel adalah sumber serat makanan dan senyawa polifenol yang baik yang bekerja dengan mikroba usus untuk meningkatkan pertahanan melawan kanker. Banyak penelitian menemukan konsumsi apel dapat menurunkan risiko reseptor estrogen yang merupakan bentuk negatif dari kanker payudara.


2. Jeruk

Beberapa buah jeruk, terutama jeruk keprok, memiliki anti-angiogenik dan anti-tumor. Tercatat bahwa orang yang makan buah jeruk setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker tertentu, termasuk kanker paru-paru, kolorektal, dan perut.

Dua flavonoid yang melimpah dalam buah jeruk adalah nobiletin dan asam askorbat (vitamin C). Ini telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan serta penyebaran tumor.

3. Cranberry

Cranberry mengandung asam ursolat dan proantosianidin. Konsumsi ekstrak cranberry secara teratur menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker usus besar, kanker serviks, glioblastoma, leukemia, kanker paru-paru, melanoma, kanker rongga mulut, kanker prostat, dan kanker ginjal.

4. Berries

Berries adalah sumber yang kaya akan banyak nutrisi seperti vitamin A, C, E, karotenoid, folat, kalsium, selenium, fenol, dan fitosterol sederhana dan kompleks. Antosianosida dan resveratrol adalah salah satu antioksidan paling aktif yang ditemukan dalam blueberry.

Antioksidan ini memiliki efek anti-kanker, termasuk aktivitas pembersihan radikal, aktivasi enzim detoksifikasi fase II, dan penurunan proliferasi dan peradangan sel. Resveratrol, yang juga ditemukan di kulit anggur merah, memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ini juga menampilkan sifat kemoterapi seperti anti-inflamasi.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut