get app
inews
Aa Read Next : Kurma Basah Baik Dijadikan Takjil, Ternyata Ini Faktanya!

5 Peluang Bisnis Selama Bulan Puasa Ramadhan, Nomor 1 Buka Katering Makanan

Selasa, 21 Februari 2023 | 12:00 WIB
header img
Berburu jajanan untuk berbuka puasa di alun-alun keraton Kasepuhan (Foto: Riant Subekti)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Umat muslim diwajibkan menjalankan puasa selama bulan Ramadhan berlangsung. Selain menjadi ladang pahala, di bulan penuh berkah ini juga bisa dimanfaatkan oleh umat muslim untuk mengais rezeki lewat membuka usaha.

Bulan Ramadhan sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di Indonesia bahkan seluruh dunia. Bulan Ramadhan khususnya di Indonesia, tidak hanya identik dengan berpuasa tetapi juga banyaknya masyarakat yang membuka usaha dadakan.

Mulai dari makanan hingga baju muslim, menjadi peluang para pengusaha yang ingin meraup keuntungan, karena di bulan puasa nanti kebutuhan akan hal ini dipastikan naik tingkat permintaannya.

Berikut 5 ide bisnis yang laku setiap hari jelang Ramadhan.

 1. Katering makanan

Saat bulan puasa, biasanya banyak orang yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka ataupun sahur. 

Cobalah untuk membuka katering makanan sebagai usaha di bulan Ramadhan tahun ini. Buatlah pilihan paket katering mingguan atau bulanan yang bisa dipilih sesuai selera pelanggan.

2. Jualan takjil

Waktu berbuka puasa tentunya menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa akan membutuhkan makanan atau minuman untuk buka puasa. 

Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk dijadikan peluang bisnis. Takjil biasanya adalah hidangan yang sering orang beli untuk berbuka puasa.

3. Jualan buah-buahan

Saat berpuasa, buah-buahan pencuci mulut banyak dicari agar menjaga tubuh tetap fit saat menjalani puasa. 

Selain itu, buah-buahan juga biasanya diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah.

Bisnis ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda. Bahkan, untuk modal yang diperlukan dalam bisnis ini bervariasi tergantung dari berapa jumlah yang ingin Anda jual.

4. Kurma

Makan kurma saat berbuka puasa termasuk salah satu sunnah rasul. Kurma juga baik untuk kesehatan tubuh karena dapat mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus selama berpuasa. 

Jadi tidak heran jika segala jenis kurma dijual di pasar sampai supermarket.

5. Jualan perlengkapan ibadah

Peralatan-peralatan ibadah yang dapat Anda jual misalnya tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan lain sebagainya. Peralatan-peralatan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis selama bulan puasa Ramadhan.

Itulah lima ide bisnis yang laku setiap hari jelang Ramadhan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari Jelang Ramadhan

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut