get app
inews
Aa Read Next : Tips Mempersiapkan Dana Pernikahan Impian Tanpa Overbudget, Begini Kata Pakar Perencanaan Keuangan

5 Tips Menjadi Kaya Raya Seperti Keturunan Tionghoa

Sabtu, 11 Februari 2023 | 10:00 WIB
header img
Hartono bersaudara. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Tips menjadi kaya raya seperti keturunan Tionghoa perlu diketahui. Sebab, banyak pengusaha sukses di Indonesia merupakan keturunan Tionghoa.

Di Indonesia sendiri, daftar teratas orang terkaya versi Forbes didominasi konglomerat berdarah Tionghoa. Bahkan Hartono bersaudara selama satu dekade berada di puncak orang terkaya Indonesia versi Forbes. 

Berdasarkan data Real Time Billionaires Index, R Budi Hartono saat ini memiliki kekayaan sebesar 22,1 miliar dolar AS, sedangkan Michael Hartono mencapai 21,2 miliar dolar AS. Di posisi ketiga, ada Low Tuck Kwong dengan kekayaan senilai 20,2 miliar dolar AS. 

Selain itu, ada Prajogo Pangestu, Tahir, dan masih banyak lagi. Sementara orang Tionghoa terkaya di dunia adalah Zhong Shanshan, dengan kekayaan mencapai 68 miliar dolar AS. Dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes, warga negara China itu berada di peringkat 15. 

Menurut laporan Wealth-X, China memiliki 10 persen dari total 2.400 miliarder di dunia, dengan rata-rata berusia 53 tahun. Kesuksesan kalangan Tionghoa karena mereka memiliki prinsip yang berbeda dengan kebanyakan orang dari negara lain. 

Selain bekerja keras, mereka juga memiliki beberapa rahasia untuk menjadi kaya raya. Dikutip dari IDXChannel.com, berikut 5 rahasia kaya raya seperti keturunan orang Tionghoa:

1. Kerja Keras

Orang Tionghoa percaya kesuksesan tidak bisa datang dengan cara instan, hal ini lah yang menajadi pedoman hidup masyarakat Tionghoa. Karena itu, jika ingin sukses harus bekerja keras dan lebih rajin dari orang lain. 

Berdasarkan laporan Wealth-X, 94 persen konglomerat di China mendapatkan kekayaannya dari usahanya sendiri (self-made). Hanya 2 persen dari total 249 miliarder China yang kekayaannya berasal dari warisan.

2. Jago Berdagang

Melakoni pekerjaan sebagai pedagang merupakan hal yang umum bagi orang Tionghoa. Bahkan berdagang menjadi pilihan utama karena dengan berdagang, mereka memiliki kebebasan atas ruang dan waktu.

3. Rajin Menabung dan Investasi

Kebiasaan orang Tionghoa yang sangat amat dikagumi adalah rajin menabung dan berinvestasi. Bahkan mereka sering mengalokasikan penghasilannya untuk ditabung. Ini terlihat dari rasio tabungan nasional China yang angkanya tinggi.

4. Hemat

Peribahasa hemat pangkal kaya sangat diterapkan oleh masyarakat Tionghoa. Bahkan ajaran Konfusius menyatakan, orang yang tidak ekonomis pada akhirnya pasti akan menderita.

5. Uang untuk Hasilkan Uang

Selain untuk ditabung, masyarakat Tionghoa ketika mendapatkan penghasilan akan memutar otak untuk menemukan cara agar keuntungan yang didapat dari bisnisnya bisa diolah kembali agar menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Jadi selain disimpan sebagai modal untuk mengembangkan usaha, mereka juga menyimpan untuk memulai bisnis baru. 

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Rahasia Jadi Kaya Raya Seperti Keturunan Tionghoa, Nomor 2 Jago Dagang

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut