get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Dorong Perkembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Melalui PEVS 2024

Jokowi ke Medan, Jalan Berlubang Mendadak Berubah Mulus

Kamis, 09 Februari 2023 | 14:02 WIB
header img
Sejumlah pekerja melakukan pengaspalan di beberapa ruas jalan yang berlubang di sekitaran Terminal Amplas yang hari ini akan diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (9/2/2023). Foto: Kharisma/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kota Medan tiba-tiba menyulap jalan-jalan yang tadinya banyak berlubang berukuran besar dan kecil diseputaran Terminal Amplas yakni di Jalan Panglima Denai, Amplas kini mendadak tampak mulus dan sudah di aspal.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan operasional Terminal Tipe A Amplas Medan, Kota Medan, Sumatera Utara pada hari ini, Kamis (9/2/2023).

Pantauan Inewsmedan.id di sekitar lokasi Terminal Amplas, beberapa jalan berlubang yang tadinya dibiarkan menganga kini sudah tertutup aspal.

Seorang warga di jalan tersebut, Indah mengaku sudah dua hari ini sejumlah pekerja memperbaiki beberapa jalan yang berlubang.

"Mungkin karena Presiden Jokowi mau datang makanya jalan-jalan yang tadinya berlubang ini akhirnya di aspal. Bertahun-tahun kami menunggu karena terkadang banyak pengendara roda dua yang terjatuh karena tidak bisa menghindari lubang yang menganga itu," ujarnya.

Andi, seorang pengendara yang hampir setiap pagi melewati jalan sekitar Terminal Amplas untuk mengantar anaknya sekolah menuturkan hal yang sama.

"Akhirnya jalan ini di aspal juga walaupun tidak merata ya, hanya diaspal yang berlubang saja. Tapi, setidaknya memberikan kenyamanan bagi pengendara yang melewati jalan ini," ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Wiriya Alrahman menuturkan, Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan terminal di lahan seluas 20.162 meter itu saat perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumut. "Presiden Jokowi melanjutkan agendanya meresmikan Terminal Penumpang Amplas," kata Wiriya Alrahman beberapa waktu lalu.

Direncanakan Presiden Joko Widodo akan menghadiri pada puncak acara HPN 2023 yang merupakan peringatan ke-28 pada 9 Februari 2023. 

Diketahui, revitalisasi terminal penumpang Tipe A Amplas Kota Medan dilaksanakan tiga tahun, yakni mulai 2020 sampai dengan 2022 dengan konsep pada Peraturan Menteri Perhubungan No.132/2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Revitalisasi terminal ini menitik beratkan pada konsep Mix Use, yaitu pengembangan terminal yang terintegrasi dengan pusat perekonomian, seperti mall, hotel, dan lain sebagainya, serta sistem pembelian tiket secara elektronik.

Keberadaan terminal ini diharapkan mampu memberi kenyamanan bagi masyarakat serta meningkatkan jumlah pengguna transportasi umum.

Terminal Tipe A Amplas mengusung konsep modern, lengkap dan mewah, atau setara dengan bandara yang memiliki fasilitas modern.

Revitalisasi terminal ini menitik beratkan pada konsep Mix Use, yakni pengembangan terminal yang terintegrasi dengan pusat perekonomian, seperti mall, hotel, dan lain sebagainya, serta sistem pembelian tiket secara elektronik.

Hal itu nantinya diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di terminal melalui pola kepengusahaan untuk mendukung perwujudan pemulihan ekonomi nasional.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut