get app
inews
Aa Read Next : Hyundai Stargazer X, Kendaraan Pilihan Utama di Segmen Low Multi Purpose Vehicle

Perhatikan Titik Ini untuk Mengetahui Mobil Bekas Kecelakaan atau Banjir

Kamis, 27 Oktober 2022 | 12:40 WIB
header img
Perhatikan Titik Ini untuk Mengetahui Mobil Bekas Kecelakaan atau Banjir (Foto: Muhammad Fadli Ramadhan)

JAKARTA, iNewsMedan.id – Sebagian konsumen lebih memilih membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru. Selain lebih murah, kendaraan yang dibeli bisa langsung dibawa pulang tanpa perlu inden. 

Namun, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan saat  membeli mobil bekas.  Jangan sampai kendaraan yang dibeli ternyata bekas kecelakaan atau banjir. 

Untuk menghindarinya jangan tergiur harga jual yang sangat murah atau di bawah pasaran. Jika kurang paham dengan mobil, sebaiknya mengajak mekanik atau orang dekat yang mengerti kendaraan. 

Kepala Bengkel Auto2000 Pasar Kemis Antonius Irwan mengatakan perbaikan bodi mobil bekas kecelakaan yang dilakukan oleh profesional dan menggunakan alat canggih tidak akan mudah terlihat orang awam. 

“Memang sangat sulit membedakan mobil baru dan bekas kecelakaan jika dilakukan di tempat kami yang punya peralatan canggih dan dikerjakan oleh orang-orang profesional. Namun tetap ada perbedaannya, ini tidak mudah terlihat oleh orang awam, tapi paling mudah melihat las-lasan panel bodi,” kata Irwan kepada MNC Portal, Kamis (27/10). 

Sekadar informasi, pengelasan setiap panel bodi di pabrik menggunakan teknologi las titik, tapi itu perlu dilakukan dalam keadaan mobil hanya berbentuk rangka. Jika sudah jadi mobil utuh maka tehnik pengelasan itu tidak dapat diterapkan.

“Setiap panel itu ada las-lasan yang bentuknya bulat-bulat rapih, itu las titik. Kalau mobil utuh tidak bisa, maka kita lakukan las manual. Jadi sambungan panel itu tertutup penuh, tujuannya agar lebih kuat. Ini yang bisa jadi patokan mobil ini bekas kecelakaan atau bukan,” ujar Irwan. 

Jika ingin membeli mobil bekas, Antonius menjelaskan pembeli harus berani memeriksa setiap panel bodi mobil. Apabila penjual memaksa tidak memperbolehkan patut dicurigai mobil tersebut bekas kecelakaan atau kebanjiran. 

“Di setiap panel (pintu depan-belakang kanan-kiri, pintu belakang) kan ada karet, nah itu dilepas saja. Nanti terlihat las-lasan setiap sambungan panel, masih las titik atau sudah las penuh. Kalau cek bekas banjir bisa dilihat dari kolong jok ada karatan atau tidak, ini cara mudahnya,” katanya.
 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut