get app
inews
Aa Read Next : Siap Lawan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Ijeck: Jangan Ada Pola-pola Fitnah

Biar Selamat dari Cacar Monyet, Edy Rahmayadi: Jangan Berhubungan Seks Sembarangan

Senin, 22 Agustus 2022 | 14:50 WIB
header img
 Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahyamadi (Foto: Jafar/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id -  Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahyamadi mengatakan salah satu pencegahan cacar monyet yang harus dilakukan antara lain dengan tidak melakukan hubungan seks sembarangan orang. Ini disampaikannya sekaitan dengan ditemukannya kasus pertama cacar monyet di Indonesia.

Edy juga  mengimbau kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan protokol kesehatan (Prokes) dengan atur jarak atau berhubungan secara kontak langsung, menggunakan masker dan hidup bersih.

"Jangan melakukan hubungan seks dengan bukan pasangannya. Jadi, bisa selamat kalian," kata Edy Rahmayadi  kepada wartawan di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman, Medan, Senin (22/8/2022).

Edy menjelaskan dari informasi yang diperolehnya, penyebaran cacar monyet dikarenakan hubungan seks sembarangan sehingga terjadi kontak erat.

"Rata-rata yang saya simak dari Inggris bahwa orang yang melakukan kegiatan seks yang tak wajar. Itu yang terkena," jelasnya. 

Edy juga menuturkan sudah mendapatkan informasi bahwa satu kasus terkonfirmasi cacar monyet di Jakarta. Salah satu antisipasi tetap dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut ini.

"Makanya, kalian yakin kalau seks kalian bagus-bagus saja. Tak kena kalian lagi," tutur mantan Pangkostrad itu. 

Edy juga mengungkapkan pihaknya akan melakukan pengetatan terhadap keluar masuk atau aktivitas perjalanan masyarakat antar provinsi dan antar negara seperti akan dilakukan pemeriksaan di Bandara Kualanamu Internasional Airport di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Pasti makanya ada tim kesehatan yang menjaga keluar masuk dari airport," tandas Gubernur.

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut