get app
inews
Aa Read Next : Pengembangan Kawasan Danau Toba: Membangkitkan Ekonomi Sumatera Utara

5 Kota dengan Wilayah Terluas di Sumatera Utara, Nomor 1 Langkat

Minggu, 17 Juli 2022 | 08:00 WIB
header img
Keindahan Danau Toba (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.idSumatera Utara menjadi provinsi keempat terluas di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sementara, Langkat menjadi wilayah terluas dari 33 kabupaten/kota di Sumut.

Dikutip dari portal resmi Pemprov Sumut, tercatat Medan menjadi wilayah dengan jumlah penduduk terpadat di Sumut dengan 2,4 juta lebih. Namun, wilayah Kota Medan hanya seluas 265,10 km.

1. Langkat

Wilayah terluas di Sumut justru ada di Kabupaten Langkat. Wilayah ini diketahui luas kurang lebih 6.262,00 Km dengan jumlah penduduk 1 juta lebih.

Wilayah ini memiliki 23 kecamatan. Masyarakat Langkat terdiri atas beragam suku dan agama. Langkat juga punya sederet objek wisata menarik seperti Tangkahan Eco Tourism, Bahorok dan Bukit Lawang.

2. Mandailing Natal (Madina)

Diurutan kedua ada  Kabupaten Mandailing Natal. Pemerintah kabupaten ini luasnya 6.134,00 Km. Jumlah penduduknya mencapai hanya berkisar 472.886 orang.

3. Tapanuli Selatan

Kabupaten Tapanuli Selatan yang berada di posis ketiga dengan luas 6.030,47 Km. Penduduknya berjumlah 300.911 orang. Sebelumnya Tapsel menyandang status kabupaten terluas, namun beberapa wilayan terjadi pemekaran. 

4. Kabupaten Simalungun

Daerah yang terkenal dengan lingkar Pariwisata Danau Toba ini memiliki luas wilayah 4.386,60 km dengan jumlah penduduk 990.246 orang. Banyak wisawatan uang memang datang ke Sumut karena ingin berkunjung ke daerah tersebut.

Kabupaten yang terdiri dari 31 kecamatan dengan beragam destinasi menarik terutama terkait wisata alam.

5. Padang Lawas Utara

Padang Lawas Utara (Paluta) dengan luas mencapai 3.918,05 km dengan jumlah penduduk 269.845 orang. Kabupate ini baru dimekarka sekitar tahun 2007 dari Tapanuli Selatan. Daerah ini terkenal dengan tempat wisata Candi Bahal II.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut