Riset Sun Life: Gen Z Indonesia Paling Rentan Secara Finansial

Ismail
Albertus Wiroyo, Presiden Direktur Sun Life Indonesia, dalam sambutannya menegaskan komitmen Sun Life terus mendampingi perjalanan finansial dan kesehatan keluarga Indonesia, melalui literasi dan solusi finansial inklusif serta layanan terbaik. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsMedan.id – Hanya separuh masyarakat Indonesia yang merasa siap menghadapi kondisi darurat finansial. Generasi muda, khususnya Gen Z, bahkan menjadi kelompok paling rentan karena hanya 49 persen yang percaya diri dengan kondisi keuangan mereka. Fakta ini terungkap dalam Sun Life Asia Financial Resilience Index 2025.

Presiden Direktur Sun Life Indonesia, Albertus Wiroyo, menilai kondisi ini perlu segera direspons melalui peningkatan literasi keuangan. “Selama tiga dekade, kami konsisten menghadirkan solusi perlindungan jiwa, kesehatan, pendidikan, hingga pensiun. Melalui Bright Talk, kami ingin memberikan ruang diskusi yang relevan agar masyarakat bisa belajar langkah sederhana dalam perencanaan keuangan, namun berdampak besar bagi kehidupan mereka,” ujarnya saat acara Bright Talk di Jakarta, Jumat (19/9/2025).

Acara tersebut menghadirkan Fanni Imaniar, momfluencer yang berbagi pengalaman mengatur keuangan keluarga. Menurut Fanni, banyak keluarga masih terjebak pada kebutuhan jangka pendek. “Kalau tidak disiapkan dari sekarang, masa depan anak-anak bisa terganggu. Saya belajar menyeimbangkan kebutuhan harian dengan tabungan dan proteksi,” katanya.

Sementara itu, Suzan Juwana, dokter gigi sekaligus tenaga pemasar Sun Life, menekankan pentingnya proteksi jangka panjang. “Kesehatan bisa berubah kapan saja, begitu juga dengan kondisi ekonomi. Dengan asuransi, keluarga punya jaring pengaman ketika risiko datang,” tuturnya.

Momentum ini juga digunakan untuk memperkenalkan produk perlindungan baru yang dirancang hingga usia 100 tahun, dengan fleksibilitas pembayaran premi mulai Rp300 ribu per bulan. Produk ini ditujukan bagi keluarga yang ingin menyiapkan warisan finansial secara lebih terencana dan berlapis, termasuk manfaat pengembalian premi di usia 75 dan perlindungan terhadap 77 penyakit kritis.

Selain literasi dan proteksi, September yang diperingati sebagai Bulan Pelanggan Nasional juga dimanfaatkan perusahaan untuk menghadirkan inovasi layanan. Mulai dari penyederhanaan proses klaim otomatis, penggunaan Digiform dan My Sun Life, hingga integrasi dengan aplikasi CIMB Octo Mobile. Nasabah juga berkesempatan mendapatkan hadiah dan voucher melalui berbagai program apresiasi di kanal layanan.

Albertus menegaskan, perhatian utama perusahaan tetap pada kebutuhan nasabah. “Kami memahami banyak keluarga masih rentan secara finansial. Melalui edukasi, produk proteksi, dan layanan yang lebih sederhana, kami ingin membantu keluarga Indonesia mewujudkan kemapanan finansial di masa depan,” katanya.

Editor : Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network