MEDAN, iNewsMedan.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Divre I Sumut) mencatat telah melayani 2.433.647 penumpang sepanjang tahun 2024. Jumlah tersebut terdiri dari 1.873.832 penumpang KA jarak jauh dan 559.815 penumpang KA lokal.
Manager Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, mengungkapkan bahwa puncak kepadatan penumpang terjadi pada April 2024, bertepatan dengan libur Hari Raya Idul Fitri. "Pada bulan April 2024, tercatat sebanyak 232.971 penumpang terlayani di wilayah Divre I Sumut. Sedangkan puncak kedua terjadi pada Desember 2024, dengan jumlah penumpang sebanyak 231.433 orang saat libur Natal dan Tahun Baru,” jelasnya, Senin (13/1).
Stasiun Medan menjadi stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi, yakni sebanyak 885.674 penumpang, disusul Stasiun Kisaran (281.670), Stasiun Tanjung Balai (235.107), Stasiun Rantauprapat (207.063), dan Stasiun Tebing Tinggi (178.937).
Sementara itu, untuk kedatangan penumpang, Stasiun Medan mencatat angka tertinggi dengan 912.874 penumpang, diikuti Stasiun Kisaran (280.367), Stasiun Tanjung Balai (238.583), Stasiun Rantauprapat (210.289), dan Stasiun Tebing Tinggi (183.068).
Menurut Anwar, pihaknya terus berupaya menghadirkan pelayanan terbaik melalui berbagai peningkatan. “Kami telah mengoperasikan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan untuk mempermudah proses naik kereta. Selain itu, fasilitas tambahan seperti water station, pengering payung, dan mushala di KA Sribilah Utama juga telah kami sediakan,” ungkapnya.
Anwar juga menjelaskan bahwa sejumlah stasiun di wilayah Divre I Sumut, seperti Binjai, Kisaran, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, dan Medan, telah dilakukan penataan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. “Kami juga melakukan penggantian rel cascading R54 sepanjang 339 meter, R42 sepanjang 1.844 meter, dan mengganti 850 bantalan kayu menjadi bantalan sintetis untuk mendukung perjalanan kereta api yang lebih cepat, aman, dan nyaman,” tambahnya.
“KAI Divre I Sumut mengucapkan terima kasih kepada para penumpang atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan di tahun 2025 ini agar layanan KAI tetap menjadi pilihan utama masyarakat,” pungkas Anwar.
Editor : Ismail
Artikel Terkait