Waspada, Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas

Binti Mufarida
BPPTKG melaporkan Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran. Kejadian tersebut terjadi pada, Rabu (9/3/2022) pukul 23.18 WIB. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran, peristiwa itu diinformasikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Kejadian tersebut terjadi pada, Rabu (9/3/2022) pukul 23.18 WIB.

“Awan panas guguran Merapi tanggal 9 Maret 2022 terjadi mulai pukul 23.18 WIB dan hingga saat ini masih berlangsung,” tulis BPPTKG lewat akun media sosial resminya.

BPPTKG turut mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak mendekati daerah yang berpotensi bahaya. 

“Masyarakat diimbau untuk tidak mendekati daerah potensi bahaya yang telah ditetapkan serta meningkatkan kewaspadaan,” tulis BPPTKG.

BPPTKG melaporkan awan panas guguran meluncur ke Tenggara. “Arah angin di puncak mengarah ke barat.”

Pada pukul 23.48 WIB, BPPTKG melalui Pos Babadan melaporkan terjadi hujan abu. Selanjutnya, pada pukul 00.14 WIB intensitas seismik mulai mengecil. Visual Merapi mulai tertutup kabut. Dan pada pukul 00.23 WIB seismik kembali meningkat. 

“Mohon untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.”

“Beberapa wilayah sudah mulai melaporkan terjadi hujan abu seperti Desa Tlogolele, Desa Gantang, Kecamatan Sawangan,” kata BPPTKG. 

Editor : Chris

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network