Polsek Hamparan Perak Ikuti Sosialisasi Pencegahan Stunting, Kekerasan Seksual, dan Kanker Payudara

Jafar
Polsek Hamparan Perak Ikuti Sosialisasi Pencegahan Stunting, Kekerasan Seksual, dan Kanker Payudara. (Foto: Istimewa)

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Polsek Hamparan Perak bekerja sama dengan pihak Kecamatan Hamparan Perak, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), dan Yayasan Dompet Dhuafa menggelar sosialisasi pencegahan stunting, kekerasan seksual, dan penyakit kanker payudara kepada warga Desa Bulu Cina, Kabupaten Deliserdang, pada Rabu (28/8/2024).

Kapolsek Hamparan Perak, AKP Mualimin, melalui Panit Binmas, Iptu R Sihaloho, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari Yayasan Dompet Dhuafa dan Fakultas Kedokteran USU dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya pencegahan stunting, kekerasan seksual, dan deteksi dini kanker payudara.

“Kegiatan ini adalah bentuk sinergi antara Polri, pemerintah kecamatan, institusi pendidikan, dan lembaga sosial dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat memahami betapa pentingnya pencegahan stunting sejak dini, serta lebih waspada terhadap kekerasan seksual dan bahaya kanker payudara," ujar Sihaloho.

Dalam kegiatan ini, perwakilan dari Fakultas Kedokteran USU memberikan penjelasan mengenai stunting, mulai dari penyebab, dampak jangka panjang, hingga langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh keluarga.

"Selain itu, sosialisasi juga menyoroti pentingnya menjaga pola makan bergizi seimbang dan sanitasi yang baik untuk mencegah stunting pada anak," tambahnya.

Materi terkait kekerasan seksual juga disampaikan oleh narasumber dari Yayasan Dompet Dhuafa, yang menekankan pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam melindungi anak-anak dan remaja dari bahaya kekerasan seksual.

"Masyarakat diimbau untuk lebih peduli dan segera melaporkan jika melihat atau mengetahui adanya tindakan kekerasan," jelasnya.

Tidak kalah penting, ungkap Sihaloho, sosialisasi mengenai kanker payudara juga mendapat perhatian besar. Para warga, terutama kaum ibu, diberi pemahaman tentang pentingnya melakukan pemeriksaan rutin serta tanda-tanda awal yang harus diwaspadai.

"Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Desa Bulu Cina semakin sadar akan pentingnya kesehatan dan keselamatan keluarga serta bersama-sama menjaga lingkungan yang lebih sehat dan aman," sebut Sihaloho.

Lebih lanjut, Sihaloho menyampaikan bahwa Polsek Hamparan Perak dan mitra-mitra terkait berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan ini desa lainnya.

"Hal itu guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai isu-isu penting seperti kesehatan dan keselamatan," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network