Nutrifood Ajak Anak Muda Medan Batasi Gula, Garam dan Lemak

Jafar
Nutrifood Ajak Anak Muda Medan Batasi Gula, Garam dan Lemak. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit tidak menular di Indonesia, Nutrifood menggelar rangkaian edukasi 'Eat Well, Live Well: Your Guide to Mindful Eating'. Kampanye ini merupakan kelanjutan dari program Nutrifood yang sudah berjalan sejak 2013, yaitu Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak atau #BatasiGGL. Kampanye ini mendapatkan dukungan dari Kementerian Kesehatan RI dan Badan POM RI.

Arninta Puspitasari, Nutrifood Public Relations Manager mengatakan bahwa Nutrifood, perusahaan yang telah berkontribusi dalam menginspirasi masyarakat Indonesia hidup lebih sehat selama lebih dari 45 tahun, percaya bahwa mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. 

"Oleh karena itu, melalui kampanye ini, Nutrifood ingin mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Masyarakat diajak untuk membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak dengan memahami label kemasan pangan," katanya Minggu (25/8/2024).

Data dari World Health Organization dan Survey Kesehatan Indonesia menunjukkan bahwa penyakit tidak menular seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan diabetes semakin mengancam masyarakat Indonesia. Kebiasaan hidup tidak sehat, baik dari segi pola makan maupun kurangnya aktivitas fisik, menjadi penyebab utama dari 80% penyakit tidak menular tersebut.

dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian Kesehatan RI mengatakan bahwa Pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2024 yang mengatur pencantuman kandungan gula, garam, dan lemak pada pangan olahan dan pangan olahan siap saji. Edukasi tentang membaca label kandungan gula, garam, dan lemak merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung pelaksanaan aturan tersebut.

"Selain itu, edukasi ini juga bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang peduli akan kesehatannya dan penyediaan pangan sehat yang rendah gula, garam, dan lemak," terangnya.

Dalam acara edukasi 'Eat Well, Live Well: Your Guide to Mindful Eating' di Nutrihub, Nutrifood memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai cara membaca label kemasan untuk mengetahui kandungan gula, garam, dan lemak pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Nutrifood juga menyediakan pilihan makanan sehat yang bebas gula, rendah garam, dan rendah lemak, termasuk produk yang telah mendapatkan pelabelan 'Pilihan Lebih Sehat' dari BPOM.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Medan memberikan pesan kepada seluruh peserta dan masyarakat Medan untuk lebih sadar dalam menjaga kesehatan, terutama dalam membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak. Menurut Kementerian Kesehatan RI, idealnya dalam sehari masyarakat hanya perlu mengonsumsi gula tidak lebih dari 50 gram, garam tidak lebih dari 5 gram, dan lemak tidak lebih dari 67 gram.

Nutrifood berharap bahwa dengan adanya edukasi ini, masyarakat akan menjadi lebih peduli terhadap kesehatan mereka dan akan semakin cerdas dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Perubahan positif yang dimulai oleh masyarakat, terutama anak muda, akan memberikan dampak yang lebih luas dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network