Politeknik Negeri Medan Gelar Business Matching Regional Sumatera Utara 2024, Ini Tujuannya

Jafar
Politeknik Negeri Medan Gelar Business Matching Regional Sumatera Utara 2024, Ini Tujuannya. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Politeknik Negeri Medan (Polmed) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan inovasi dan pemanfaatan tenaga kerja di Sumatera Utara dengan menggelar kegiatan Business Matching Regional Sumatera Utara 2024 di Gedung Direktorat Polmed, Kamis (11/7/2024).

Kegiatan ini mengusung tema “Elaborasi Inovasi Pendidikan Vokasi dan Industri Berbasis Potensi Daerah dalam Mendukung Pemanfaatan Tenaga Kerja di Sumatera Utara” bertujuan untuk memperkuat ekosistem kemitraan antara pendidikan vokasi dan industri melalui pengembangan inovasi yang berbasis pada potensi daerah di wilayah Sumatera Utara.

Dalam acara ini, berbagai pihak dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI), pemerintah daerah, serta lembaga pendidikan vokasi hadir untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan menjalin kerja sama strategis.

“Business Matching ini merupakan langkah konkret kami untuk menjembatani kebutuhan industri dengan kualifikasi lulusan pendidikan vokasi. Kami berharap melalui kegiatan ini, sinergi antara pendidikan vokasi dan industri dapat terus ditingkatkan, sehingga dapat menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan daerah serta meningkatkan pemanfaatan tenaga kerja di Sumatera Utara,” ujar Wakil Direktur Bidang Akademik, Agus Edy Rangkuty, S.E., M.Si.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai sesi diskusi yang mengangkat berbagai topik terkait inovasi dan kolaborasi antara pendidikan vokasi dan industri.

Beberapa topik yang dibahas adalah pengembangan kurikulum berbasis industri, peluang dan tantangan kemitraan, juga inovasi berbasis potensi daerah yaitu, inovasi yang dapat dikembangkan berdasarkan potensi daerah untuk mendukung perekonomian lokal.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi yang lebih mendalam terkait kebutuhan industri sektor kelapa sawit. Mengingat sektor ini merupakan salah satu sektor unggulan di Sumatera Utara.

Diskusi ini menekankan pentingnya fokus pada pengembangan pendidikan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan sektor tersebut agar lulusan dapat langsung terserap oleh industri kelapa sawit.

Diskusi yang hangat ini turut dihadiri oleh narasumber yang sangat kompeten, yakni dari Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Sumatera Utara, yang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dan SDA, Tarsudi, SP., M.Psi, Dinas Pendidikan Sumatera utara yang diwakili oleh Kabid SMK, Dr. Suhendri, WKU Koordinator Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi, Isfan F. Fachruddin, S.E., M.S.P., Ketua GAPKI Sumut, Timbas Prasad Ginting, serta Peneliti Utama Pengolahan Hasil dan Mutu PPKS, Dr. Donald Siahaan.

Ketua Program Ekosistem Kemitraan Vokasi Sumatera Utara, Dr. Surya Dharma, S.T., M.T., menekankan pentingnya sinergi antara lembaga pendidikan dan industri.

"Melalui kegiatan Business Matching ini, kami berharap dapat menciptakan kolaborasi yang lebih erat antara pendidikan vokasi dan dunia industri, khususnya di sektor kelapa sawit. Dengan demikian, lulusan pendidikan vokasi dapat langsung terserap oleh industri dan berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas serta kualitas tenaga kerja di Sumatera Utara," ujar beliau.

Kegiatan Business Matching ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam penguatan kolaborasi antara pendidikan vokasi dan industri di Sumatera Utara. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan inovasi yang dihasilkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah dan peningkatan pemanfaatan tenaga kerja.

Politeknik Negeri Medan terus berkomitmen untuk menjadi institusi pendidikan vokasi yang unggul dan adaptif terhadap perkembangan industri, serta siap menghadapi tantangan global dengan mengoptimalkan potensi daerah yang dimiliki.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network