Ini Kata Kapendam I Bukit Barisan Terkait Kebakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Karo

Jafar
Ini Kata Kapendam I Bukit Barisan Terkait Kebakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Karo. (Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I Bukit Barisan, Kolonel Inf Rico Siagian angkat bicara terkait kebakaran yang menewaskan 4 orang penghuni rumah berada di jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kata Kapendam hal tersebut murni kebakaran dan tidak ada indikasi dilakukan orang tidak dikenal (OTK) atau dibakar.

"Terkait adanya berita simpang siur masalah kebakaran rumah salah satu wartawan yang menyebabkan meninggal dunia. Jadi disini, saya jelaskan bahwa berdasarkan informasi diperoleh dari pihak kepolisian, kejadian tersebut murni kebakaran dari dalam rumah tidak ada OTK yang melakukan pembakaran terhadap rumah Sempurna Pasaribu itu," kata Kapendam, Senin (1/7/2024).

Rico menjelaskan bahwa pihak kepolisian yang telah melakukan olah TKP, terkait dengan barang bukti dan beberapa saksi yang dimintai keterangan sebagai. Di mana, hasil pemeriksaan atau penyelidikan sementara tidak ada OTK yang melakukan pembakaran.

"Jadi, murni kejadian itu dari dalam rumah karena dalam rumah tersebut mereka itu berjualan bensin eceran dan juga tabung gas," jelasnya.

Rico mengungkapkan berdasarkan informasi dia terima, bahwa dugaan atau indikasi awal mungkin hal itu disebabkan terjadinya kebakaran dari tabung gas atau Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut. Karena, rumah korban memilik usaha berupa warung kelontong, yang juga ditempat tinggal.

"Sampai saat ini tidak ada ditemukan OTK yang melakukan pembakaran itu, jadi hasil olah TKP dari pihak kepolisian belum ada. Sambil kita menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut termasuk menunggu hasil Laboratorium Forensik termasuk juga otopsi dari korban yang meninggal dunia," ungkap Rico.

Rico menambahkan bahwa pihaknya, mengikuti proses penyelidikan dilakukan pihak kepolisian, terkait kasus kebakaran yang menewaskan 4 orang dalam satu keluarga ini.

"Jadi, kita tetap mengikuti proses hukum yang sudah dilaksanakan oleh Polres Tanah Karo kita serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus ini seterang-terangnya," tandas Kapendam.

Diberitakan sebelumnya bahwa penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Karo sudah memeriksa 16 orang saksi atas kasus kebakaran rumah yang menewaskan Sempurna Pasaribu bersama istri, anak dan cucunya di jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis (27/6/2024) sekitar pukul 03.30 WIB.

Dari 16 orang yang diperiksa oleh pihak kepolisian itu, 5 di antaranya merupakan saksi kunci dalam peristiwa tersebut.

"Kita sudah memeriksa 16 saksi, saksi kunci 5 orang, pertama kali menemukan terjadi kebakaran tersebut," kata Pjs Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network