Konsulat Medan Rayakan Kemitraan AS-Indonesia pada Perayaan Hari Kemerdekaan

Jafar
Konsulat Medan Rayakan Kemitraan AS-Indonesia pada Perayaan Hari Kemerdekaan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pada tanggal 28 Juni, Konsulat AS di Medan merayakan persahabatan berkelanjutan dan nilai-nilai bersama antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam program Hari Kemerdekaan yang memperingati 248 tahun berdirinya negeri demokrasi Amerika.

Tamu-tamu terhormat dari Sumatra turut bergabung dalam acara yang sekaligus peringatan 75 tahun hubungan AS-Indonesia yang berlangsung selama setahun ini, di bawah bendera “Demokrasi, Keberagaman, Kemakmuran.”

Dalam sambutannya, Kuasa Usaha AS, ad interim (CDA) untuk Misi Indonesia Michael F. Kleine, menyoroti pentingnya hubungan bilateral AS-Indonesia, yang mencakup berbagai sektor, termasuk keamanan, perdagangan, investasi, pendidikan, dan hubungan antar-masyarakat sekaligus pertukaran budaya.

Sebagai mitra, Indonesia dan Amerika Serikat berkolaborasi untuk mengatasi tantangan-tantangan yang krusial bagi Masyarakat kedua negara.

“Sumatera, dengan kekayaan ekonomi dan budayanya, memainkan peran penting dalam hubungan bilateral kita. Peresmian Pusat Pelatihan Maritim Bakamla baru-baru ini di Batam dan keberhasilan latihan bersama CARAT menggarisbawahi komitmen kami untuk meningkatkan kapabilitas maritim Indonesia dan untuk bersama-sama melawan kejahatan domestik dan transnasional," ujar CDA Kleine.

Ia juga mengungkapkan optimismenya terhadap masa depan hubungan tersebut, menantikan 75 tahun persahabatan antara Amerika Serikat dan Indonesia ke depan.

Konsul AS untuk Sumatera Bernard Uadan menyoroti peresmian EducationUSA Center baru di UMSU pada bulan Mei.

"Pemerintah AS sedang membangun kompleks konsulat baru untuk menunjukkan komitmen nyata AS mepererat hubungan bilateran di Indonesia, terutama di 10 provinsi di Sumatera,” terangnya.

Perayaan ini juga memamerkan beberapa upaya kolaboratif AS-Indonesia seperti proyek LASCARCOCO (Landscape Approach to Sustainable Climate Change Resilient Cocoa and Coffee Agroforestry) dan Resilient Coffee dari USAID, EducationUSA advising center, serta pengembangan masyarakat yang dipimpin oleh alumni AS.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network