Momen Haru Saudi Maharaja Jadi Tamu Allah di Usia 83 Tahun

Jafar
Momen Haru Saudi Maharaja Jadi Tamu Allah di Usia 83 Tahun. (Foto: Dok Kanwil Kemenag Sumut)

MEDAN, iNewsMedan.id - Jemaah satu-satunya asal Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bernama Saudi Maharaja tak pernah membayangkan akan menjadi tamu Allah di usia 83 tahun.

Saudi Maharaja mengaku telah memimpikan hal itu sejak masih berprofesi sebagai petani. Ia rela menyisikan hasil dari bertani sedikit demi sedikit untuk berangkat ke Tanah Suci.

Namun, Saudi Maharaja sempat terkendala mendaftarkan diri menjadi jemaah haji karena kebutuhan hidup keluarga.

“Dulu saya bertani sayur-sayuran. Hasilnya alhamdulillah cukup untuk kebutuhan hidup, namun belum mampu untuk menabung naik haji,” ucap Saudi Maharaja di Aula Jabal Nur Asrama Haji Medan, Senin (27/5/2024).

Tak sampai di situ, keinginannya pun perlahan sempat sirna lantaran kebutuhan hidup yang terus mendesak. Bahkan, ia menjual tanah untuk bertani miliknya seiring dengan bertambahnya anak dan cucu agar bisa membiayai pendidikan cucunya sampai selesai.

“Tak jadilah saya daftar, karena keluarga lebih diutamakan. Lama-lama saya jual tanah. Awalnya untuk ongkos naik haji, tetapi karena kebutuhan hidup apalagi untuk sekolah cucu. Saya biayai sampai selesai,” terang Saudi Maharaja.

Lalu, Saudi Maharaja mengungkapkan adanya kebesaran Allah menghampirinya. Di mana, cucunya yang sudah bekerja menawarkan untuk naik haji.

“Saya cerita sama cucu tentang niat saya dari dulu itu untuk naik haji. Kata cucu, daftarlah opung, nanti aku carikan uangnya. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa juga hari ini datang kemari dan segera menunaikan ibadah suci,” ungkap Saudi Maharaja.

Saudi Maharaja merupakan jamaah prioritas lansia. Ia bersyukur tidak sampai menunggu lama berangkat haji. Ia berterima kasih kepada pemerintah atas regulasi prioritas lansia tersebut.

“Terima kasih atas aturan ini. Saya bersyukur karena mendapat panggilan lebih cepat. Walau saya sendirian pergi haji, insya Allah masih bisa berjalan walau sudah lemah. Tetapi hati dan niat saya kuat untuk menjadi tamu Allah dan menunaikan kewajibannya ini,” ucap Saudi Maharaja.

Walau perjalanan jauh dari kampung menuju ke Asrama Haji menempuh jarak yang jauh. Ia bersyukur keluarganya menemaninya sampai ke Embarkasi Medan. Ia berterima kasih kepada petugas yang melayaninya dengan baik.

“Saya bersama keluarga diantar ke sini. Satu malam menginap di rumah famili di Medan. Sampai di sini banyak petugas yang membantu. Saya berterima kasih,” tutup Saudi Maharaja.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network