KSAD Turun Langsung Dalam Normalisasi Sungai Deli, Dudung: Ini Ide Bobby Nasution Tanggulangi Banjir

Jafar
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurchman ikut turun langsung ke Sungai Deli untuk melihat normalisasi sungai di Jalan Yos Sudarso, Kota Medan. (Foto: Jafar/iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id - Usai Apel Gotong Royong Dalam Rangka Normalisasi Sungai Deli di Lapangan Benteng Medan, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurchman ikut turun langsung ke Sungai Deli untuk melihat normalisasi sungai tersebut di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Rabu (27/9/2024) siang.

Kegiatan gotong-royong ini, selama 63 hari ke depan terhitung mulai, hari ini. Di mana, gotong-royong dalam normalisasi Sungai Deli sepanjang 34,5 kilometer. Dengan melibatkan 1.000 personel gabungan.


Gotong Royong Dalam Rangka Normalisasi Sungai Deli. (Foto: Jafar/iNewsMedan.id)

Kegiatan gotong-royong ini, dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol. Jawari, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid.

"Tadi saya bersama Ketua Komisi I DPR RI Muetya Hafid yang memantau secara langsung keterlibatan TNI dalam membantu pembersihan sungai ini," kata Dudung usai menyisir Sungai Deli.

Dudung mengungkapkan kegiatan gotong-royong Sungai Deli ini, merupakan ide atau diinisiasi oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Hal ini, bertujuan mengurangi dampak banjir, usai hujan turun di Kota Medan.

"Bahwa sungai sudah terjadi pengendapan, penyempitan karena abrasi. Bisa jadi karena cuaca, bisa jadi karena puing-puing bangunan yang kemudian bertumpuk. Bisa jadi, karena memang membuang sampah sembarangan dan ada juga masyarakat, yang mendirikan bangunan sampai akhirnya menimbulkan penyempitan pada sungai," terang Dudung.

Dudung mengungkapkan bahwa Bobby Nasution terinspirasi dari Sungai Citarum, Jawa Barat dan Sungai Ciliwung, Jakarta. Yang kini, kondisi kedua sungai bersih dari sampah dan lebih baik. Sehingga apa yang pernah dilakukan terhadap dua sungai tersebut, bisa diterapkan di Sungai Deli.

"Melihat dari perkembangan Sungai Citarum, Ciliwung maka pak wali kota melaporkan kepada saya bagaimana untuk menormalisasi Sungai Deli ini," jelasnya.

Dudung mengungkapkan bahwa permintaan Pemko Medan dukungan kepada TNI AD dalam melakukan normalisasi Sungai Deli. Dengan membersihkan sungai dari sampah, mengeruk sungai lebih dalam. Hal itu, bertujuan tujuan membuat sungai ini, bersih dari sampah dan aliran air lancar 

"Karena ini merupakan satu permintaan dari Pemko Medan sangat dibutuhkan keterlibatan TNI baik personel maupun materil. Arti kata alat berat agar segera membantu semaksimal mungkin. Bahwa TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan," tandas Dudung.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network