Maret 2023, Lima Kota di Sumut Alami Inflasi 4,80 Persen

Kharisma
Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Gabungan lima kota di Sumatera Utara (Sumut) yakni Sibolga, Pematangsiantar, Medan, Padangsidimpuan dan Gunungsitoli pada Maret 2023 mengalami inflasi sebesar 4,80 persen secara year on year dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHK) mencapai 113,09.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Nurul Hasanudin mengatakan, dari lima kota IHK di Sumut, inflasi yoy tertinggi terjadi di Padangsidimpuan sebesar 5,37 persen dengan IHK sebesar 117,27 dan terendah terjadi di Gunungsitoli sebesar 3,86 persen dengan IHK sebesar 114,60.

"Adapun inflasi terjadi disebabkan adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya seluruh indeks harga kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 4,33 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 4,53 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,63," katanya di Medan, Selasa (4/4/2023).

Dia menjelaskan, untuk kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 3,58 persen; kelompok kesehatan sebesar 1,84 persen; kelompok transportasi sebesar 18,09 persen; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,22 persen.



Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network